Strategi Penggunaan Media Interaktif untuk Memaksimalkan Proses Belajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Fitria Ika Ari Yasminda Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9504

Keywords:

Media Interaktif, Pendidikan Dasar, Strategi Pembelajaran, Era Digital, Keterlibatan Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi penggunaan media interaktif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah dasar (SD). Dengan pendekatan studi literatur, data dikumpulkan dari jurnal, artikel, buku, dan laporan penelitian yang membahas penerapan media interaktif dalam pendidikan. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya teknologi, kurangnya keterampilan guru, dan kesenjangan akses infrastruktur yang menghambat implementasi optimal. Analisis mengelompokkan temuan ke dalam tema utama strategi penggunaan media interaktif (seperti video, animasi, permainan edukatif, dan realitas virtual), manfaat dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif secara signifikan meningkatkan hasil belajar, memupuk kreativitas, dan meningkatkan motivasi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru yang terarah, penyediaan fasilitas teknologi yang memadai, dan kolaborasi antara pemangku kepentingan. Strategi ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar inklusif dan dinamis, mendukung perkembangan siswa secara holistik di era digital.

References

Ahmad, S. H., Latuconsina, A., & Marda, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa MTs Al-Anshor Ambon melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Interaktif berbasis Audio Visual. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3157

Apriani, A., Komalasari, M. D., Alma, U., & Yogyakarta, A. (2024). Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Kurikulum Merdeka 1. XV, 227–235.

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Eksperimentasi Kreatif Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning in Elementary School Thematic Learning. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Frühwirth, G. (2020). Die Self-Determination Theory nach Deci & Ryan. Selbstbestimmt Unterrichten Dürfen – Kontrolle Unterlassen Können, 5–25. https://doi.org/10.1007/978-3-658-29071-9_2

Handoko Fiadi Prayitno, Riyan Abdul Aziz, & Hadis Turmudi. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD/MI. Jurnal Penelitian Sistem Informasi (Jpsi), 1(4), 01–11. https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i4.853

Ilmiah, D. K., Akhir, T., Studi, P., Informatika, T., Komputer, F. I., Dian, U., Semarang, N., Systems, S., & Udinus, P. S. I. (2012). Dokumen karya ilmiah | tugas akhir | program studi Teknik Informatika - S1 | Fakultas Ilmu Komputer | Universitas Dian Nuswantoro Semarang | 2012. 0–1.

Khairunnisa, K., & Komalasari, M. D. (2021). Kognisi?: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran. 1(1), 30–34.

Komalasari, M. D., & Pamungkas, B. (2018). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Multisensoris Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inklusi. Jurnal JPSD, 5(1), 39–45. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12582/6240

Milfayetty Sri. (2020). Memberi Penguatan Pada Guru Menerapkan Mindful Breathing Dalam Menghadapi Pandami Covid-19 Di SD Indkusi Jalan Sei Petani No 19, Medan. Memberi Penguatan Pada Guru Menerapkan Mindful Breathing Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusi Jalan Sei Petani No. 19, Medan, 4(2).

Nay, C., & Dopo, F. (2024). Upaya Digitalisasi Pendidikan Melalui Program Kerja Adaptasi Teknologi di Sekolah Sasaran Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3115

Ni’mah, R. N. A., & Muryaningsih, S. (2024). Penerapan Model Pbl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penyajian Data Melalui Media Interaktif Canva Kelas Iv Sd Negeri 2 Banjarsari Wetan Banyumas. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), 230. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4693

Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). EModul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Ramadhani, S. P., & Rahayu, T. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 181–191. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4861

Sarea, M. S., Fadillah, N., Alifah, A., Resti, A., & Wardania, W. (2022). Penerapan Media Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres 10/73 Tanete. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 584. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1034

Sejati, S. P., & Nurhidayanto, I. R. (2022). Peningkatan Literasi Sumber Daya Air Tanah Menggunakan Media Interaktif Berbasis Android. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1454–1460. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11118

SHELEMO, A. A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Siswanto Siswanto, Nurman Efrinson Tamba, Diva Natasha Putri, Erni Maulidiawati, Tasya Fajar Putri, Amanda Tifani, Filma Anggraini, Anis Aprilia, Yulu Yanti Sitompul, Donny Lukfiansah, & Jordan Napitupulu. (2023). Penerapan Pembelajaran Game Interaktif Di SDN 09 Buatan Baru Kecamatan Kerinci Kanan. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(4), 60–66. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i4.509

Sugiarni, R., Inayah, S., Herman, T., Juandi, D., Pahmi, S., Supriyadi, E., Srah Fauziah, R., Lutfi Fauzi, A., & Mahmudi. (2022). Sosialisasi Penggunaan Teknologi Virtual Reality Dan Augmented Reality Dalam Pembelajaran Untuk Menyongsong Era Metaverse. Jurnal Abdi Nusa, 2(3), 134–140. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v2i3.99

Supriyono, H. (2018). Penerapan Game Edukatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Warta LPM, 21(2), 30–39. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.4939

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Yasminda, F. I. A., & Komalasari, M. D. (2025). Strategi Penggunaan Media Interaktif untuk Memaksimalkan Proses Belajar di Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 9(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9504

Issue

Section

Articles

Citation Check