Pengembangan Modul Ajar Dengan Media Digital Materi Gaya Menggunakan Model PBL Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Andreas Brian Wisnu Hartono Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Ignatia Esti Sumarah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9675

Keywords:

Modul Ajar, Media Digital, Model PBL

Abstract

Minimnya pemanfaatan media yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami oleh peserta didik menjadi tantangan guru di abad 21 dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kualitas modul ajar dengan media digital. Proses pengembangan modul menerapkan model ADDIE dengan langkah-langkah: 1) Analyze, menyebarkan kuesioner kepada guru kelas IV. 2) Design, menyusun kisi-kisi modul. 3) Develop, pembuatan modul, validasi produk oleh tiga validator, serta revisi modul. 4) Implement, menguji coba modul kepada peserta didik kelas IV SDK Sang Timur Yogyakarta. 5) Evaluate, mengevaluasi hasil posttest peserta didik yang dilakukan selama dua pertemuan. Penelitian ini mencakup pengumpulan data di sekolah dasar melalui kuesioner serta lembar validasi yang diperoleh dari dosen, guru kelas IV, serta ahli TIK sekaligus bahasa. Kualitas modul memperoleh skor: 3,72 dari dosen, 4,0 dari guru kelas IV, dan 3,1 dari ahli TIK sekaligus bahasa. Rata-rata skor modul adalah 3,6, yang termasuk dalam kategori "sangat baik" dan dinyatakan layak untuk diujicobakan setelah melalui proses revisi. Berdasarkan hasil posttest peserta didik, terjadi peningkatan nilai pada 8 peserta didik dan rerata tes dari 77,5% menjadi 95% dengan kenaikan rata-rata 17,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar dengan media digital layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Branch, R. M. (2009). Desain Instruksional?: Pendekatan ADDIE. In Instructional Design: The ADDIE Approach.

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review?: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2811

Faizin, N., Asropah, Handayani, S., & Umaya, N. M. (2024). PENERAPAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI. JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “ Petualangan SI ISAAC ” Berbasis Android Pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(2), 240–249.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hasyim, F., & Haris, A. (2023). Konsep Gaya Menurut Perspektif Al-Qur’an dan Integrasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i2.533

Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Istriyanti, S. F., & Nisa, A. F. (2024). Peningkatan Minat Siswa Kelas 5 SD Berbantuan Media Gim Edukasi pada Materi Ciri Khusus Hewan. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 426–431. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6225

Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870

Khoirunnisa, E., & Habibah, E. (2020). PROFIL KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SOFT SKILLS) PADA MAHASISWA. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20

Lutfiana, A. N., Suastika, I. K., & Yuniasih, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas 6 Sd. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 186–196. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6138

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Prastiyo, F. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL KOOPERATIF Jigsaw PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN SEPANJANG 2. In CV Kekata Group.

Qiptiyah. (2024). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK (Vygotsky). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 204–220.

Rahayu, A., Gusmaulia, A., Putri, E., Jambi, U., Pendidikan, J., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Profil Strategi Guru Penggerak Dalam Pembelajaran. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 252–261.

Riputri, R., & Dwi Hadiyanti, A. H. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis HOTS pada Materi Gaya Kelas IV SD. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1151–1160. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6426

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Sekarningrum, H. R. V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1158

Sepriatna, D., Supriatna, D., & Hartono, R. (2024). Pengaruh Game Edukasi Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDN Neglasari 02. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2).

Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik Memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 449. https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2904

Supriyanto, A., Bakti, I. R., & Mustafa, S. R. (2024). MEJUAJUA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan LKS ( Lembar Kerja Siswa ) Interaktif Menggunakan LiveWorksheet Terhadap Guru SMK Negeri 1 Ujungbatu. 4, 95–99. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v4i1.158

Wati, S., & Ermawati, I. R. (2024). Prosiding Seminar Nasional Sains Solusi Optimal Penguatan Literasi TIK Guru. 5(1), 47–52.

Yulianti, M. (2023). Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kemandirian Belajar dengan Penguasaan Konten Model Cooperative Learning Menggunakan Thinglink. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 552–562. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.581

Yuniantoro, I. P., Lutfiana, R. F., & Suita, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Materi Gaya Disekitar Kita Kelas 4C SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2247–2253. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13502

Downloads

Published

2025-02-08

How to Cite

Hartono, A. B. W., & Sumarah, I. E. (2025). Pengembangan Modul Ajar Dengan Media Digital Materi Gaya Menggunakan Model PBL Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(1), 124–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9675

Issue

Section

Articles

Citation Check