Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar

Authors

  • Maftuhatul Ulumiyah Kumalasari Sari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Sunanto Sunanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425

Keywords:

penguasaan kosakata, permainan anagram

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan siswa belum dapat menguasai kosakata bahasa indonesia sehingga siswa membutuhkan permainan anagram agar penguasaan bahasa indonesia lebih meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi upaya meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan anagram pada siswa kelas III SDI Wachid Hasyim Surabaya. Metode penelitian data yang dipakai peneliti diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDI wachid hasyim surabaya yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan soal tes, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Kemudian data dikumpulkan sehingga mendapatkan hasil akhir yang kategori sangat tinggi. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis data upaya meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan anagram pada siklus I memperoleh data 4,17% siklus II memperoleh data 83,33% kemudian data dikumpulkan sehingga mendapatkan hasil akhir yang kategori sangat tinggi

References

Angela A. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Bursa Kata Siswa Kelas IVB SDN Gunung Sari Tahun Pelajaran 2017/2018. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508.

Ardhani, A. P. (2010). Keefektifan Penggunaan Media Anagram Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indones. 1–33.

Fauziyah, Intan, S., & Syarifah, H. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Melalui Lesson Studi di kelas V SD Negeri Lampagen Aceg Besar.

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-31.

Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 109–121.

Fitri, A. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siswa Tunarungu Kelas I SD di SLB DAMAYANTI SLEMAN, 549, 40–42.

Harimurti Kridalaksana. (2008). Kamus linguistik. Jakarta:Gramedia.

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia dan Teknologi Informasi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Hilir, N. K., Kuantan, K., Provinsi, S., & Syaprizal, M. P. (2019). PROSES PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK Muhammad Peri Syaprizal pemahaman dan ilmu pengetahuan . Sebagai simbol sebuah pemahaman , bahasa pertama yang sering kali disebut bahasa ibu . Pemerolehan bahasa merupakan sampai fasih berbahasa . Pemerolehan bahasa at. 1(2), 75–86.

Khomsah, A. N. (2011). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Media Pass Picture Dengan

Menggunakan Metode Permainan Kata Pada Siswa Kelas B-2Tk Kartika Iii-20 Srondol Semarang.

Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 4,

–282.

Munirah, M., & Hardian, H. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 78. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3064.

Nurjannah. (2014). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf

Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 SONI. 4(8), 290–313.

Pikulski, J.J & Tampleton. S. (2004). Teaching and developing vocabulary:key to long.

term Reading success.

Ramliyana, R. (2016). Media Komik Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( Bipa ). Riksa Bahasa, 2(November), 207–218.

Sadiman, Arief S. dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Silfana, E. (2018). Meningkatkan kosa kata anak usia 4-5 tahun melalui bermain tebak kata.

Soeparno. (1988). Media pengajaran bahasa. Klaten: Intan pariwara.

Suharmono, K. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya. In Media Pembelajaran. http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf.

Susanto, Y. D. T. (2011). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. 1–86. https://lib.unnes.ac.id/31277/1/1401413140.pdf.

Tim Penyusun Kamus. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yudha Barnaba, H., Barori Tou -, A., & Negeri Yogyakarta, U. (2014). Peningkatan Penguasaan

Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89.

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614–3624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425

Citation Check