Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online di Sekolah Dasar

Eka Selvi Handayani, Hani Subakti

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.810

Article Metrics

Abstract Views : 37 times
PDF Downloaded : 36 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media realia melalui pembelajaran online. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Samarinda Utara pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas dan siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Utara yang menggunakan media realia dalam pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui penggunaan media realia melalui pembelajaran online. Analisis data dilakukan dengan teknik pemeriksanaan dengan memanfaatkan sumber data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media realia melalui pembelajaran online di kelas IV SDN 001 Samarinda Utara, sangat membantu dalam memberikan materi kepada siswa. Media realia yang digunakan menarik dan membuat siswa menyukai serta memahami materi yang disampaikan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Media realia yang digunakan yaitu media buah-buahan yang diaplikasikan dengan cara dipotong-potong sesuai dengan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran.

Keywords


Keywords: Analysis, realia media, online learning.

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: Jejak.

Arnesi, N., & K, Abdul Hamid. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunukasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. 2(1). Medan: SMA Negeri 1 Dolok Merawa. Universitas Nusa Medan.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12. Bandung: Sunan Gunung Jati Bandung.

Dinalis, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Lampung, U., & Lampung, B. (2017). Pengaruh Media Realia Pada Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Gedong Air Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Gusmara, E. (2017). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ciptamulya Kebun Tebu Lampung Barat. Lampung: Universitas Lampung.

Handayani, Eka Selvi dan Hani Subakti. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 1 (2021) 151-164 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.633.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

John, W. C. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lastari, K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Di Mi Al- ‘ Adli Palembang. Palembang: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Masnunah. (2018). Media Realia Dan Media Maya Dalam Pembelajaran Agama Islam Di SD. 8293(1), 51–55. Malang: Wahana Sekolah Dasar.

Puspaardini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). Anak Kelompok A Di Tk Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat. 6, 63–80. Gorontalo: JPP PAUD FKIP Untirta.

Subakti, Hani dan Eka Silvi Handayani. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 1 (2021) 247-255 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.

Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: Jawa Timur Pustaka Abadi.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eka Selvi Handayani, Hani Subakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.