Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Apri Anggara, Rakimahwati Rakimahwati

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265

Article Metrics

Abstract Views : 52 times
PDF Downloaded : 39 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan oleh peneliti diantaranya, penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran tematik masih belum terlaksana dengan baik, pelaksanaan pembelajaran masih terpisah antar mata pelajaran artinya belum tematik. Aktivitas belajar peserta didik belum terlaksana dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengarauh model quntum learning terhadapa aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus V Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 28 Ganting Selatan dan SDN 07 Air cama. Data penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi aktivitas belajar dan tes objektif. Model pembelajaran quantum learning berpengaruh kepada aktivitas belajar peserta didik yang dapat dilihat dari kelebihan yang dimilikinya. Aktivitas peserta didik dalam belajar juga dikategorikan aktif. Ini semua terlihat dari semangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran quantum learning juga berhasil mempengaruhi hasil belajar peserta didik

Keywords


Quantum Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi. (2009). Quantum Teaching (Mempraktikkan QuantumLearning di ruang-ruang kelas). Penerjemah: Ary Nilandari Bandung:Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2000). Quantum Learing MembiasakanBelajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa

Drake, K. N. (2009). Rebecca ’ s in the Dark : A Comparative Study of Quantum Learning and Direct Instruction / Experiential Learning in Two 4th-Grade Classrooms, 21(1), 1–16.

Evina. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar, 1–11.

Herman. (2013). Pengaruh Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar. 3(2), 178–191.

Huda, W., & Mardikantoro, H. B. (2018). Quantum Learning Model Influence using Series of Drawings Towards The Fifth Grade Students ’ Narrative Writing Skill,7(3), 332–341.

Karyono. (2010). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VB SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta.Basic Education, 5(9), 884–893.

Rizqi Febriani (2016). Keefektifan Quantum Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Dagan Pada Materi Globalisasi Tahun Ajaran 2014/2015.Kalam Cendekia, Volume 3, Nomor 3.1, hlm. 332 – 336

Supratayana, (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di SD No.1 jinengdalem

Octaviana, W., & Mucthar, I. (2015). Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi Di SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014 / 2015.

Theresia. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar Negeri 10 Malang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surel. (2015). Penerapan Metode Quantum Learning Berkarakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VI A SD Al-Falah Tropodo, (2), 161–167.

Sofiyah, (2012). Penerapan Quantum Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada mata Pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Kabupaten Sleman, 1–8.


Altmetric Dimensions

Refbacks



Copyright (c) 2021 Apri Anggara, Rakimahwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.