Pembelajaran Model Blended Learning pada Mata Kuliah Sains Lanjut dengan Menggunakan Kurikulum KKNI

Authors

  • Tiara Nurhayati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia, Indonesia
  • Mohamad Agung Rokhimawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia, Indonesia
  • Ragil Dian Purnama Putri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1396

Keywords:

Blended Learning Model, Advanced Science, KKNI Curriculum

Abstract

Prodi PGSD tidak akan lepas tanpa adanya sebuah pembelajaran yang mengarah pada pendidikan di sekolah dasar termasuk mata kuliah Sains Lanjut. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sains Lanjut ini yaitu model pembelajaran blended learning dengan menggunakan kurikulum KKNI. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mengetahui fakta dari pembelajaran model blended learning pada mata kuliah Sains Lanjut dengan menggunakan kurikulum KKNI. Metode Dalam pengambilan data yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian yaitu kaprodi, dosen, dan perwakilan mahasiswa. Sedangkan objek penelitian yaitu segala sesuatu yang berkaitan tentang pembelajaran blanded learning pada Sains Lanjut di PGSD UAD dengan menggunakan kurikulum KKNI. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya penerapan kurikulum KKNI di PGSD UAD sudah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada. Selain itu pembelajaran model blended learning pada Sains Lanjut juga sudah dijalankan oleh dosen maupun mahasiswa. Faktor pendukung dan penhgambat yang dialami dapat diatasi sesuai dengan kemampuan sehingga berjalannya pembelajaran yang lebih baik

References

Abdul, Majid. 2012. “Perencanaan Pembelajaran.†Bandung: Rosda Karya.

Ahmadi, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Jabburi, Imran Jasim, and Hamzah Hasyim As-Sulthani. 2013. “Al-Manahij Wa Thara’iq Tadris Al-Lughah Al-‘Arabiyyah.†‘Amman: Muassasah Dar Ash-Shadiq Ats-Tsaqafiyyah.

Alexander, S. 2010. “Flexible Learning in Higher Education.†International Enclopedia of Education 441–47.

Azmi, Ulil. 2019. “Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis KKNI Dalam Keterserapan Lulusan Pada Dunia Kerja.†NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(01):80–110.

Casmini, Casmini. 2014. “Evaluasi Dan Peninjauan Kurikulum Bki Berbasis Kkni.†Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 11(1):125–44.

Fattah, Nanang. 2008. “Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori Dan Studi Empiris.†Jurnal Pendidikan Dasar 1.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Nur. 2014. “Kesiapan Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis KKNI (Studi Kasus Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Ambon).†Jurnal Fikratuna 6(2).

Ibtida, Al, and MI. 2019. “Analyzing Madrasah Ibtidaiyah Teacher Candidates Skill of Technological Pedagogical Content Knowledge on Natural Science Learning.†Jurnal Pendidikan Guru.

Maslahah, Any Umy. 2018. “Penerapan Kurikulum Mengacu KKNI Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan Di PTKIN.†Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13(1):227–48.

Masnun, Moh. Maufur Syaibli, and Ahmad Arifuddin. 2018. “Respon Stakeholders Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.†Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 5(1):25–38.

Masykur, Ruhban, Undang Rosidin, and Agung M. Iqbal. 2018. “Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.†NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 7–12.

Moh.Surya. 1997. “Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran.†Bandung: PPB-IKIP Bandung.

Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oliver, M., and K. Trigwell. 2005. “Can ‘Blended Learning’ Be Redeemed?".†E-Learning 2(1):17–26.

Purwaningsih, W. 2009. “Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Bioteknologi Pada Guru.†Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Setiawan, Deny. 2016. “Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global.†in Seminar Nasional Pendidikan. Makassar: UNM.

Solichin, Wahab Abdul. 2021. “Analisis Kebijakan: Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik.†Bandung: Bumi Aksara.

Solikhah, Imroatus. 2015. “KKNI Dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes. LINGUA.†Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1).

Sudjana, Nana. 2016. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.†Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwadi. 2016. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI-SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi Di Program Studi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan Agama Islam 2.

Thorne, K. 2003. “Bleanded Learning, How to Integrate Online and Traditional Learning.†UK: Kogan Page.

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

Nurhayati, T., Rokhimawan, M. A., & Putri, R. D. P. (2021). Pembelajaran Model Blended Learning pada Mata Kuliah Sains Lanjut dengan Menggunakan Kurikulum KKNI. Jurnal Basicedu, 5(5), 3858–3865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1396

Citation Check