Rancang Desain Media Pembelajaran Berbasis Game Sejarah Perjalanan Jendral Soedirman dalam Perang Gerilya Kabupaten Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1450Keywords:
Media, pembelajaran, game, SoedirmanAbstract
References
Andiopenta, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Sosiolinguistik Berbasis Lingkungan Melalui ADDIE Model pada PBS-FKIP Universitas Jambi. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 118–127. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13820
Anggara, S. (2021). The Implementation Of Gist Strategy To Teach Reading Comprehension In Senior High School. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1101–1111. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.495
Angko, N., & Mustaji, nFN. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDS MAWAR SHARON SURABAYA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. G. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(1), 57–66. https://doi.org/10.25124/jrsi.v7i1.380
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY PADA MATERI PENGENALAN TERMINATION DAN SPLICING FIBER OPTIC. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Asrizal, A., Hendri, A., Hidayati, H., & Festiyed, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. JURNAL PDS UNP, 1(1), 49–57.
Budiarto, A. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Cerita Wayang Beber Pacitan sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 0, Article 0. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10993
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Dharma, G. O., Lucitasari, D. R., & Khannan, M. S. A. (2018). PERANCANGAN ULANG HEADSET DAN PENUTUP MATA UNTUK TIDUR MENGGUNAKAN METODE NIGEL CROSS. OPSI, 11(1), 65. https://doi.org/10.31315/opsi.v11i1.2204
Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.17977/um0330v1i2p176-187
Elianta, P., Prestiliano, J., & Setiawan, T. A. (2019). Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara untuk Remaja dengan Mekanik Dice Rolling. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(3), 80–91. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i3.17186
Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 649–655. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.378
Fauzi, A., Winata, W., & Ansharullah, A. (2020). PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEDULIAN MELALUI KURIKULUM “SENTRA†DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE. Instruksional, 2(1), 64–69. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.64-69
Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1177–1184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522
Hafizh, A., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Windows Movie Maker dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Halaqah, 1(3), 224–245. https://doi.org/10.5281/zenodo.3361710
Hamzah, S., & Kurniadi, D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS JARINGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PLATFORM ANDROID. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 146–157. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105431
Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1722
Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838
Kristanti, D., & Julia, S. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL 4-D UNTUK KELAS INKLUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). MODEL ADDIE UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN 3D PAGEFLIP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 516–525.
Maghfiroh, A. M., Suprapta, B., & Sulistyo, W. D. (2021). Urgensi Mobile Learning Berbasis Situs Jejak Gerilya Jenderal Soedirman di Pakisbaru Pacitan sebagai Media Pembelajaran Sejarah Generasi Z. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 103–115. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.12006
MartÃn-Gutiérrez, J., Fabiani, P., Benesova, W., Meneses, M. D., & Mora, C. E. (2015). Augmented reality to promote collaborative and autonomous learning in higher education. Computers in Human Behavior, 51, 752–761. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.093
Maymadya, L. (2017). Pengembangan Tutorial Edmodo Untuk Tenaga Pengajar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 55–64.
Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36436
Muslim, M. (2018). Desain Aplikasi E-learning pada Platform Facebook Menggunakan Facebook Application Programing Interface. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 5(2), 81–86. https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7442
Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.298
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544
Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244
OECD. (2021). 21st-Century Readers: Developing Literacy Skills in a Digital World. OECD. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54–68. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573
Prasetyo, A. R., Aruna, A., Ishlah, N. F. P., Rahmawati, N., & Sayono, J. (2021). Incubation and Optimization of Visual Assets of Micro-Start-Ups Through Asset-Based Community Development Design Training. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 4(4), 675–690.
Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita : Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85–92.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137–152. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Rafika, A. S., & Amboro, K. (2019). PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MOVIE MAKER BERBASIS VISUALISASI SITUS MEGALITIK PUGUNG RAHARJO LAMPUNG TIMUR. SWARNADWIPA, 2(2), Article 2. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/880
Rianto, R., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Vegas Pro 13 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Halaqah, 1(3), 246–261. https://doi.org/10.5281/zenodo.3362538
Rofiah, E. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTS [Thesis, UNS (Sebelas Maret University)]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/56557/Pengembangan-Modul-Pembelajaran-IPA-Berbasis-High-Order-Thinking-Skill-HOTS-Untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Berpikir-Kritis-Siswa-Kelas-VIII-SMPMTS
Rosa, A. C., Sunardi, H., & Setiawan, H. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Informatika Global, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.728
Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game: Statistics In Arctic. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.1248
Suprapta, B. (2018). Pemanfaatan Cagar Budaya di Kabupaten Pacitan sebagai Media Penunjang Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 85–102. https://doi.org/10.17977/um0330v1i1p85-102
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662
Suratno, S., Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249
Syakti, F. (2019). METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK BERBASIS MOBILE: A REVIEW. Jurnal Bina Komputer, 1(2), 82–89. https://doi.org/10.33557/binakomputer.v1i2.440
Tarmizi, A. K., Hasbiyati, H., & Hakim, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Pada Mata Kuliah Anatomi Dan fisiologi Manusia Pada Mahasiswa Semester VI Pendidikan Biologi. JURNAL BIOSHELL, 9(2), 37–40. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.764
Triyono, N., Kalangi, L., & Alexander, S. (2019). EVALUASI KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DI PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24941
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11203
Wardani, T. S., & Soebijantoro, S. (2017). UPACARA ADAT MANTU KUCING DI DESA PURWOREJO KABUPATEN PACITAN (MAKNA SIMBOLIS DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 7(01), Article 01. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i01.1061
Wibawanto, W. (2015). PENGEMBANGAN ASET VISUAL DALAM GAME SIMULASI PERTANIAN ORGANIK “ASTRO FARMER†DENGAN PENDEKATAN SYMBOLIC ANALOGY. Imajinasi : Jurnal Seni, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v9i1.8854
Wijaya, A. B., & Andriyono, R. O. (2020). Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matematika Dengan Metode DGBL. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 4(2), 25–33. https://doi.org/10.36596/jitu.v4i2.258
Wulandari, N. (2019). Pengembangan Buku Saku Intensifikasi Bahasa Arab di IAIN METRO dengan Menggunakan Model ADDIE. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(02), 165–178. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i2.1272
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).