Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Dokumen Layanan Publik Berbasis Web Untuk Mempermudah Masyarakat Memperoleh Informasi Pada Pemerintah Kabupaten Bungo

Authors

  • Ahmad Ridoh STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia, Indonesia
  • Yogi Irdes Putra STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1525

Keywords:

Perancangan, Sistem Informasi, Web, Layanan Publik

Abstract

Diketahui beberapa instansi di kabupaten Bungo masih mengelola dokumen secara manual, sehingga masyarakat harus mendatangi instansi terkait untuk memperoleh dokumen dan informasi layanan publik. Proses penyimpanan dokumen masih menggunakan map folder yang rentan terhadap kerusakan serta kehilangan dokumen-dokumen. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mewajibkan masyarakat untuk mendapatkan informasi layanan publik dari rumah dengan teknologi. Upaya yang dapat dilakukan sebagai alternatif solusi yaitu merancang sistem informasi berbasis web terpadu. Dengan adanya sistem informasi berbasis web pada suatu pemerintahan, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengetahui seluruh dokumen dan layanan informasi. Fitur yang dirancang pada sistem informasi berbasis web dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini menggunakan model perancangan waterfall yang memiliki tahapan yaitu, perencanaan, rancangan sistem, implementasi, verifikasi dan perawatan (maintenance). Adapun alat bantuan perancangan sistem ini meliputi, pembuatan DFD, Konteks Diagram, ERD, UML. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi system informasi dokumen dan layanan public yang telah melalui tahap uji coba black box.

References

Adinata, Fikri Rizky, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, and Ismiarta Aknuranda. 2020. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penanganan Keluhan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo).†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN 2548: 964X.

Fajerin, Tommy, and Herry Mulyono. 2020. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat.†Jurnal Manajemen Sistem Informasi 5 (3): 406–17.

Fanida, Eva Hany, and Fitrotun Niswah. 2015. “Government Resource Management System (GRMS): Inovasi Layanan Publik Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Di Pemerintah Kota Surabaya.†Jurnal Administrasi Publik 12 (1).

Fridayanthie, Eka W, and Jimmy Charter. 2016. “Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Karyawan Menggunakan Metode Object Oriented Programming (Studi Kasus: PT. Arta Buana Sakti Tangerang).†Jurnal Techno Nusa Mandiri 13 (2): 149–56.

Herwanto, Heru Wahyu, and Ruth Ema Febrita. 2015. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK.†TEKNO 21 (1).

Madhrozji, Tutuk, and Effiyaldi Effiyaldi. 2019. “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI ARSIP BERBASIS WEB PADA KANTOR BIRO PBMD SETDA PROVINSI JAMBI.†Jurnal Manajemen Sistem Informasi 4 (3): 244–54.

O’brien, James A. 2005. “Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis Dan Manajerial.†Jakarta: Salemba Empat.

O’Brien, James A. 2005. “Introduction to Information System: Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis Dan Manajerial.†Salemba Empat, Jakarta.

Pressman, Roger S. 2012. “Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi 7) Pendekatan Praktisi.†Penerbit Andi, Yogyakarta.

Purnia, Dini Silvi, Achmad Rifai, and Syaifur Rahmatullah. 2019. “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android.†Prosiding Semnastek.

Putra, Roni Twiyoga Pramana, Anita Anita, and Sugeng Widodo. 2018. “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DATA KEPENDUDUKAN DAN LAYANAN PUBLIK BERBASIS WEB.†Dinamika Dotcom: Jurnal Pengembangan Manajemen Informatika Dan Komputer.

Rossa, Arani Sukamto, and Muhammad Shalahuddin. 2013. “Rekayasa Perangkat Lunak.†Bandung: Penerbit Informatika.

Setyawan, Haris, and Irya Wisnubhadra. 2020. “Sistem Informasi Berbasis Web Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Pengelolaan Pemerintahan Desa Barepan.†Proceeding of The URECOL, 14–21.

Shanindita, Jashinta, and Elya Nurwullan. 2018. “Pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Di Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP).†Jurnal Sains Terapan 8 (1): 58–71.

Yazdi, Mohammad. 2012. “Implementasi Web-Service Pada Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Atap Di Pemerintah Kota Palu.†Semantik 2 (1).

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Ridoh, A., & Putra, Y. I. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Dokumen Layanan Publik Berbasis Web Untuk Mempermudah Masyarakat Memperoleh Informasi Pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 4227–4235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1525

Citation Check