Desain Multimedia Interaktif Berbantu Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1635Keywords:
Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8, Model ADDIE.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif hubungan antar garis dengan Macromedia Flash 8 untuk kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE mempunyai lima tahap, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Pisang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh hasil tingkat kevalidan multimedia interaktif dengan jumalah nilai keseluruhan yaitu 90,34% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas multimedia interaktif pada angket respon guru mendapat nilai 94,54% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil praktikalitas pada angket respon peserta didik mendapat nilai 96,61% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian multimedia intaraktif hubungan antar garis dengan Macromedia Flash 8 untuk kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis
References
Alfin, J. (2014). Prosiding Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar.
Anissi, R. A., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 772–783.
As’ad, Fitrah, Y., & Suranto. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash. Jurnal Tekno-Pedagogi, 3(1), 69–86.
Harun, G. J., & Fitria, Y. (2020). Desain Multimedia Interaktif Berbantuan Software Adobe Flash CS6 untuk Siswa Kelas V SD. 8.
Helsa, Y., & Fitria, Y. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Science ter-Integrasi Mathematics berbasis PBL. 00. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654
Munir, & Alfabeta, P. (2012). Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan Penulis Tahun Penerbit ISBN : Munir.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR. 3(2), 171–185.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).