Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Authors

  • Erna Risfaula Kusumawati Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Keywords:

efektivitas, game, Scratch, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat efektivitas media game berbasis Scratch terhadap nilai hasil belajar IPA dan juga untuk mengidentifikasi perbedaan nilai hasil belajar antara kelas yang menggunakan game berbasis Scratch dengan kelas yang pembelajarannya masih konvensional. Penelitian dilakukan di SDIT Al Firdaus Semarang. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental. Terdapat dua kelas, satu kelas menggunakan media game berbasis Scratch dan satu kelas lainnya pembelajaran dengan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data berupa soal ujian awal dan ujian akhir tentang materi IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media game berbasis Scratch cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi IPA. Hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 75,67%. Sedangkan untuk uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, berarti ada perbedaan nilai hasil belajar antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan game berbasis Scratch pada materi IPA. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bahwa game berbasis Scratch bisa dijadikan salah satu media pembelajaran yang efektif dan bisa direkomendasikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta (Rev. Ed).

Awang, I. S. (2015). Kesulitan belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–122.

Cacik, S., & Rinayanti, U. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Education and Human Development Journal, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.376

Calder, N. (2018). Using Scratch to facilitate mathematical thinking. Waikato Journal of Education, 23(2), 12–24.

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–2934.

Fagerlund, J., Häkkinen, P., Vesisenaho, M., & Viiri, J. (2021). Computational thinking in programming with Scratch in primary schools: A systematic review. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 12–28. https://doi.org/10.1002/cae.22255

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.

Husna, A., Cahyono, E., & Fianti. (2019). The Effect of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcomes and Creativity Article Info. Journal of Innovative Science Education, 8(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jise.v8i1

Ideris, N., Baharudin, S. M., & Hamzah, N. (2019). The Effectiveness of Scratch in Collaborative Learning on Higher-Order Thinking Skills in Programming Subject Among Year-Six Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 304, 421–425. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.99

Kang, H. T., & Noh, S. G. (2017). The Effect on Elementary Science Education Based on Student’s Pre-inquiry. Universal Journal of Educational Research, 5(9), 1510–1518. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050908

Korkmaz, Ö. (2016). The Effects of Scratch-Based Gane Activities on Students’ Attitudes, Self-Efficacy and Academic Achievement. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8(1), 16–23. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2016.01.03

Laksana, D. N. L. (2017). the Effectiveness of Inquiry Based Learning for Natural Science Learning in Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10077

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Ortiz-Colón, A. M., & Romo, J. L. M. (2016). Teaching with Scratch in compulsory secondary education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(2), 67–70. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i02.5094

Permatasari, L., Yuana, R. A., & Maryono, D. (2018). Indonesian Journal of I nformatics Education. 2(2), 135–144.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612

Siponen, M., & Klaavuniemi, T. (2021). Demystifying beliefs about the natural sciences in information system. Journal of Information Technology, 36(1), 56–68. https://doi.org/10.1177/0268396220901535

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryantini, P. (2018). Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 52–59. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15338

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249

Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001–5013.

Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500–1507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Issue

Section

Articles

Citation Check