Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar

Authors

  • Sonia Triandani Yolanda Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261

Keywords:

Membaca Permulaan, Aplikasi Marbel Berbasis Android, Disleksia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sebuah efektivitas aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dalam hal melafalkan huruf vokal pada anak disleksia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada saat melakukan observasi di sebuah sekolah dasar peneliti menemukan seorang anak perempuan berinisial A di kelas III SD yang mengalami kesulitan membaca terutama dalam hal membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keekfektivan aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disleksia. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Desain A–B–A merupakan desain SSR yang memperlihatkan sebuah hubungan sebab akibat antara variabel terikat dengan variabel bebas. Hasil yang didapatkan dari kemampuan anak disetiap kondisi yaitu memperoleh skor 0% pada kondisi (A1). Saat diberikan intervensi skor yang didapat anak pada membaca permulaan dalam hal melafalkan huruf vokal meningkat menjadi 40% dan pada kondisi (A2) diperoleh skor 93%. Dari perbandingan hasil yang didapat dari setiap data mengalami peningkatan. Sehinga dapat dinyatakan bahwa aplikasi marbel berbasis android efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia di SDN 157/III Pendung Mudik Kabupaten Kerinci.

Author Biography

Sonia Triandani Yolanda, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

Mahasiswa

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1–10. https://www.academia.edu/31661651/Mengenal_Anak_Berkebutuhan_Khusus

Abdurrahman, M. (2009).pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. rineka cipta.

Astuti, I. P., Ariyadi, D., & Sumaryanti, L. (2020). Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Membaca Permulaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 151–156. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3791

Damri, D., &Pratiwi, Y. (2019).Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk Padang. 7, 30–35.

Damri, D.,& Putri, Y., Fatmawati, F. (2013).Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Global Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Damri, D., Sabri, A., & Zulmiyetri, Z., (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Multimedia Interaktif bagi Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 15-18.

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.516

Jamaris, M. (2014a). kesulitan belajar. galiya indonesia.

Kasus, S., & Sd, D. I. (2015). E-JUPEKhu LAYANAN PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR E-JUPEKhu. 4, 1–14.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional). UNP Press.

Moleong, L. j. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moraza, A., & Nurhastuti. (2021). Mengurangi Kesalahan Membaca Permulaan Pada Anak Disleksia ( X ) Melalui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Secil. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(1), 35–43.

Nuraini. (2013). Peran Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan. Peran Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan Agama Dan Moral, 03(01), 63–86.

Sessiani, L. A. (2007). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-kanak (Studi Eksperimental di TK ABA 52. 1–113. http://eprints.undip.ac.id/10438/

Sudjana, rivai dan. (2013). media pembelajaran.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. University of Tsukuba.

Surayya, S., & Mubarok, H. (2021). Pengaruh aplikasi marbel membaca terhadap kemampuan membaca anak disleksia. 6.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 73, 33–47.

Tiku Ali, J., & Patombongi, A. (2016). Perancangan Game Edukasi Pembelajaran Membaca Berbasis Android. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51876/simtek.v1i1.1

Tjoe, J. O. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 17–48.

Putri, Y., Fatmawati, & Damri. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Global bagi Anak Kesulitan Belajar. E-JUPEKhu, 2(September), 97–104.

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220

Wati, M. (2019). Meningkatkan Membaca Permulaan Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Kesulitan Belajar. 17 Nomor 2, 32–42.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Yolanda, S. T., & Damri, D. (2022). Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1563–1569. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261

Citation Check