Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid

Authors

  • Muhammad Ryan Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Rakha Amuntai, Indonesia
  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Rakha Amuntai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2280

Keywords:

smartphone, aplikasi, tajwid

Abstract

Dewasa ini teknologi pada sektor pendidikan sudah mulai berkembang. Salah satunya adalah perkembangan media pembelajaran yang sudah berbasis teknologi. Karena dengan teknologi, media pembelajaran dapat dirancang dengan lebih variatif sehingga fungsinya pun menjadi lebih luas. Namun, mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi tidaklah mudah, perlu adanya usaha yang lebih untuk memaksimalkan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satunya adalah pada penelitian ini, yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android pada pembelajaran Ilmu Tajwid. Sehingga dapat menciptakan variasi baru dalam pembelajaran ilmu tajwid yang mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developtment (R&D) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Penelitian dan Pengembangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan aplikasi tajwid berbasis Android yang diberi nama Makhraji Tahsin Digital. Kemudian berdasarkan hasil ujicoba draf awal baik dari segi desain tampilan, materi, maupun pengoperasian, aplikasi ini sudah layak untuk digunakan dengan beberapa catatan pada desain tampilan dan juga materi masih perlu diperbaiki serta dikembangkan.

References

Alda, M. (2020). Aplikasi Crud Berbasis Android Dengan Kodular Dan Database Airtable. CV. Media Sains Indonesia.

Arisyanto:, Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945

Auliyah, N., & Sari: M. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Appy Pie Android Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 11.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna, 6(1).

Drajat, A. (2017). Ulumul Qur’an. Kencana.

Faridah, A., & Santi, T. D. (2021). Praktikalitas dan Efektivitas Pengembangan Mobile Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2194–2199. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.763

Hanum, Z. (2021, March 7). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Media Indonesia. https://m.mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Iman, M. S. (2016). Al-Munaasabah (Cabang Ulumul Qur’an). TARBIYATUNA, 7(1), 13.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 11.

Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Membantu Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Ningsih, S., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja. Edcomtech, 4(2), 10.

Nurjamila, Sini, G. Y., & Prasetya, A. A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Hadits Bukhari Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika “JISTI,†3(2).

Quantum Tahsin dan Tahfizh STIQ RAKHA Amuntai. (2019). Metode Makhraji. CV. HEMAT Publishing.

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (KEKAR) Peserta Didik Di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Alfabeta.

Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, 14(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat Dan Berbisnis Aplikasi Android Dengan Android Studio. PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-02

How to Cite

Maulana, M. R., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1756–1765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2280

Citation Check