Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren

Authors

  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy'ari Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2293

Keywords:

Implementasi pendidikan, Nilai karakter, Pesantren.

Abstract

Univeritas Hasyim Asy’ari pelopor universitas di Indonesia yang berbasis pesantren yang dibagun dengan kecerdasan hati, dan memaksimalkan segenap potensi kecerdasan manusia (multiple intelegencies), sehingga mampu melahirkan generasi yang unggul yang beriman, berakhlak mulia, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara benar dan bermanfaat dalam bermasyarakat dan berbangsa, namun sangat ironi ketika tujuan ini belum tercapai, karena yang terjadi di lapangan, mahasiswa masih banyak yang kurang mengerti akan pentingnya kuliah serta masih rendahnya akan kesadaran terhadap lingkungan belajar seperti kurangnya disiplin, terlambat kuliah, ngobrol saat perkuliahan berlangsung, tanggung jawab akan tugas kuliah rendah khususnya pada matakuliah pendidikan seni musik. Tujuan penulis melalui mengimplemetasikan pendidikan karakter berbasis pesantren dalam pembelajaran pendidikan seni musik diharapkan mampu merevolusi mental mahasiswa. Prosedur penulisan yang digunakan, penulisan tindakan kelas model Kemmis & Taggart, penulisan yang bersifat kolaboratif. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil dari pengimplementasian pendidikan karakter berbasis pesantren dalam pembelajaran pendidikan seni musik pada awal-awal mendapat respon kurang baik dari mahasiswa, namun setelah berjalan mahasiswa mengalami perubahan sikap dan perilaku, serta mulai mengetahui pentingnya belajar dan kuliah. Kesimpulan dari penulisan ini bahwa melalui implementasi pendidikan karakter berbasis pondok pesantren pada mata kuliah pendidikan seni musik mampu menanamkan nilai karakter kepada mahasiswa, nilai-nilai karakter tersebut diantaranya; kemandirian/tangguh, kerja sama, jujur dan kedisiplinan serta menjadi giat dan rajin kuliah.

Author Biography

Desty Dwi Rochmania, Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

Prodi PGSD

Universitas Hasym Asy'ari Jombang

References

Andika Wadi, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membangun Moral Bangsa Perspektif Al-Qur’an. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 217-229.

Agus, Zaenul Fitri, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alfin, M. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Mualaf Karya John Michaelson (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakata: DIVA PRESS.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media.

Barnawi dan M. Arifin, 2012. Strategi dan Kebijakan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Daryanto dan Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desty, D. R. (2018). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa PGSD dengan metode Cooperative Script Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik Melalui penerapan Model Pembelajaran Langsung. Ed Humanistic. 3(2).

Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan seni tari pada anak usia dini di taman kanak-kanak tadika puri cabang erlangga semarang sebagai proses alih budaya. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 5(1).

Dofi, B. A. (2010). Psikologi musik terapi kesehatan. Golden Terayon Press, Jakarta.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: grasindo, 212-221.

Djamaluddin, A. A. (1997). Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Dwidjowijoto, Riant Nugroho, 2004. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, Volume 5(4), 1766–1777. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Haedari, Amin dkk, 2006. masa depan pesantren dalam tantangan modernitas dan tantangan kompleksitas global, Jakarta: IRD Press

Hasbullah, 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Karakter Di Indonesia.

Koesoema, Doni, A. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT Gramedia

Forney, K., & Machlis, J. (2007). The enjoyment of music: An introduction to perceptive listening. WW Norton.

Mahbubi, M., 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Majid, Abdul, Dian Andayani, 2011. Pendidikan Karater Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Muttaqien, D. (1999). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Alternatif Mengatasi Kegagalan Sistem Pendidikan Barat). EL TARBAWI, 79-87.

Masyhud, Sulthon dan Moh. Khusnurdilo, 2005. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Qomar, M. (2005). Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Erlangga.

Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musthofa, A. W. (2014). Model pendidikan karakter kemandirian santri di Pondok Pesantren Subulussalam Tegalsari dan Darussalam Blokagung Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ashari, H. (2019). Kontribusi Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Masyarakat Di Pesantren Roudlotul Muta’allimin Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1 November), 131-144.

Pramulia, P. (2016). Nuansa Gendhing Dan Struktur Penceritaan Wayang Kulit Jawa Timuran. Buana Bastra, 3(1), 104-115.

Rohidi, T. R. (1992). Pendidikan Seni Rupa Sebagai Pengembangan Potensi dan Pelestarian Nilai-nilai Estetik. Makalah, Semarang, 26.

Rusnawati, Perawati Bte Abustang, Syamsul Alam, Cayati (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Minat Belajar di Masa Pandemi Jurnal Basicedu, Volume 6(1), 463-469

Safaruddin, Yahya (2016) dengan judul “Model Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Modern Al-Syaikh Abdul Wahib Kota Baubau Sulawesi Tenggara)â€, thesis ini diajukan dalam rangka untuk memenuhi syarat kelulusan master di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Arif Eko (2017) dengan judul “Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogoâ€, thesis ini diajukan dalam rangka untuk memenuhi syarat kelulusan master di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Syafruddin, Nurdin, dan Basyiruddin, Usman 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Ma'arif, S. (2015). Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Kaukaba Dipantara.

Tono, Rachmad dan Milyartini Rita. 2004. Kriteria dan Karakteristik Pendidikan Seni Musik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Undang-undang Sisdiknas, 2011. Jakarta: Sinar Grafika,

Wahab, Abdul, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Wahab, A. Solichin, 2008, Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.

Zainal Aqib dan Sujak, 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: Y rama Widya.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2293

Citation Check