Pengembangan Media Permainan Tradisional Congklak pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dena Nova Arlianda STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8757-5012
  • Agus Triyogo STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia, Indonesia
  • Asep Sukenda Egok STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2341

Keywords:

permainan tradisional congklak, Matematika, 4D

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media permainan tradiisonal congklak mata pelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan Research and Development yang mengacu pada model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil uji coba small group work yang dilakukan pada kelas II MI Nurul Islam, diperoleh bahwa, hasil kepraktisan media permainan congklak adalah 93% dan berada pada kriteria sangat praktis. Kemudia uji coba validasi yang dilakukan oleh 3 validator ahli media, bahasa dan materi diperoleh hasil validasi media congklak adalah 0,88 dengan kategori tinggi.Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dalam tahap uji coba small group work  dan uji validasi memenuhii kriteria kevalidan dan kepraktisan. Media permainan tradisional congklak pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan  kelas II  dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar

References

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 3.

EGOK, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Pendidikan Dasar, VOL 07 NO, 186–199.

Keterampilan, M., Instrumen, M., Berbasis, B., Interaktif, M., Ipa, B. G., & Magelang, N. K. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru Ipa Smp N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2).

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. 3.

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik Pada MAteri Cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Mulyani. (2016). super asyik permainan tradisional anak indonesia (Mulyani (ed.); ke-2). Diva/press.

Musfiqon. (2012). pengembangan media & sumber pembelajaran (Musfiqon (ed.); ke-2). prestasi pusatkaraya.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.

Nurdyansyah. (2019). media pembelajaran inovatif (Nurdyansyah (ed.); ke-2). UMSIDA Press.

Parji, P., & Andriani, R. E. (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 14. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.27

Praspita, R., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 51–64.

Prayitno, L. L. (2014). Penjumlahan Di Sekolah Dasar. 18, 23–26.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.

Trianto. (2010). model pembelajaran terpadu (Trianto (ed.); Ke-2). PT Bumi Aksara.

Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Arlianda, D. N., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Permainan Tradisional Congklak pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 6(2), 1837–1844. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2341

Citation Check