Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348Keywords:
Augmented Reality, Hasil Belajar, Kognitif.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengertian dari media pembelajaran, mendeskripsikan media augmented reality, mendeskripsikan hasil belajar kognitif, dan mendeskripsikan peranan media augmented reality terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian berjenis kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan studi literatur. Dalam penelitian ini terdapat tahapan dalam mendeskripsikan sebuah data yaitu melalui pengumpulan- pengumpulan artikel penelitian, buku, jurnal atau pun literatur lain yang berhubungan dengan media augmented reality. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Media pembelajaran yaitu suatu alat untuk mendukung proses terjadinya pembelajaran; 2) Media Augmented Reality (AR) sebagai suatu teknologi yang menggabungkan benda dua atau tiga dimensi dalam waktu yang nyata; 3) Hasil belajar kognitif yaitu kemampuan siswa setelah menerima proses pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar intelektual; 4) Media AR memberikan ruang siswa untuk berimajinasi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang meliputi aspek mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalis.
References
Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu- Ilmu Sosial, 1(10), 1077–1089. https://doi.org/10.17977/um063v1i102021p1077-1089
Fiteriani, I., & Baharudin. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 1–30.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266
Ilman, J. (2014). Manajemen dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah. Jurna Ilman, 1(2), 160–172.
Jannah, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Augmented Reality terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN 07 Kota Bengkulu. Skripsi, 1–70.
Joni, Sugiyono, & Uliyanti, E. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA DI KELAS V. 1–17. http://dx.doi.org/10.1016/j.scitotenv.2014.10.007
Julianti, K. S., Suyasa, P. W. A., & Putrama, I. M. (2018). Pengaruh media Augmented Reality tata cara penulisan huruf jepang (Hiragana dan Katakana) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(3), 184. https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16074
Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–33. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Masri, M., & Lasmi, E. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless. Journal of Electrical Technology, 3(3), 40–47. www.kajianpustaka.com
Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gelombang. Skripsi.
Nurbudiyani, I. (2013). PELAKSANAAN PENGUKURAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA. Anterior Jurnal, 13(1), 88–93. /citations?view_op=view_citation&continue=/scholar%3Fhl%3Dpt-BR%26as_sdt%3D0,5%26scilib%3D1&citilm=1&citation_for_view=wS0xi2wAAAAJ:2osOgNQ5qMEC&hl=pt-BR&oi=p
Pertiwi, D. E., Samsuri, T., & Muliadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 136–141. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.114
Rahayu, E. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Sd Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. http://repository.upy.ac.id/148/
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
SETIANI, P. P. (2018). Media Pembelajaran WARTOP (Wayang Karakter Tokoh Pahlawan) Untuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tasrif, E., Mubai, A., Huda, A., & Rukun, K. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan aplikasi Ar_Jarkom pada mata kuliah instalasi jaringan komputer. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 217. https://doi.org/10.29210/153400
Widyasari, N., & Ismawati, I. (2020). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality dan Pasir Kinetik. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 63. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.442
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).