Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458Keywords:
Kerjasama, Gobak SodorAbstract
Masa perkembangan anak usia 10 tahun membutuhkan sosialisasi dengan teman sekitar, lingkungannya, dan dirinya sendiri. Salah satu bentuk masa perkembangan anak yang sangat penting yaitu kerjasama. Akan tetapi Kerjasama anak usia 10 tahun di Desa Tenggeles masih rendah. Ppenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anak usia 10 tahun di Desa Tenggeles melalui permainan tradisional gobak sodor. Jenis penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Research) dengan metode explanatory sequential. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah kerjasama anak melalui permainan tradisional gobak sodor telah mengalami peningkatan dimulai dari prasiklus sebesar 23% dengan kategori perlu bimbingan, siklus I sebesar 74% dengan kategori perlu bimbingan, dan siklus II sebesar 92% dengan kategori baik. Selain itu melalui uji N-gain juga menunjukkan bahwa siklus I sebesar 34% dengan kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77% dengan kategori tinggi dan telah mencpai indicator keberhasilan yaitu 75%. Jenis instrument yang digunakan yaitu kuesioner tertutup, wawancara terstruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji N-gain terkait peningkatan serta kritertia kerjasama anak dan analisis data kualitatif terkait respon awal masyarakat dan penerapan kerjasama anak.Â
References
Ananda, Rizki. 2017. “Peningkatan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 1(2): 91–100.
Ananda, Rizki, and Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1): 20–26.
Anggraini, R., & Nurhafizah. (2020). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Anak dengan Permainan Gobak Sodor Ditaman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vo.4(3); 3471-3481.
Ariyanti. (2014). Meningkatkan Kegiatan Sosial Emosional Melalui Permainan Gobag Sodor Pada Anak. Jurnal Ilmiah PG PAUD IKIP Veteran Semarang, Vol.2(2); 10-20.
Dharmamulya, S. (2010). Permainan Tradisional Jawa. Purwanggani: Kepel Press.
Idhayani, N., & Kurniawati, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Amal Pendidikan, Vol.1(2): 129-135.
Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: UMM Press.
Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Tunas Siliwangi, Vol.2(1): 30-47.
Pendidikan dan Kebudayaan, K. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta.
Pratiwi , I. A., & Masfuah, S. (2019). Improving Freindly Character Through Traditional Game Of The Engklek At Thematic Learning. Precedings of 1st Workhsop on Environmental Science, Society, and Technology, WESTECH 2018 (pp. 1-8). Medan: EAI, EUDL.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol.8(2): 178-182.
Sahidun, N. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Journal Of Early Childhood Care & Education, Vol.1(1); 13-17.
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Psikologi Jambi, Vol.2(2): 48-53.
Seriati, N. N., & Hayati, N. (2012). Permainan Tradisional Jawa Gerak Dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Naskah Publikasi, hal.1-15.
Serli, M. (2014). Peningkatan Sikap Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Buah Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Bukittinggi. Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.16(2); 109-114.
Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zb, Aminah et al. 2021. “Distance Learning With STEAM Approaches: Is Effect on the Cognitive Domain?†Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 6(2): 129–40.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).