Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar

Dadan Nugraha

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2642

Article Metrics

Abstract Views : 441 times
PDF Downloaded : 378 times

Abstract


Penelitian ini diorientasikan pada pengembangan media digital berbasis motion graphic sebagai media digital pada mata kuliah Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Terkait kebutuhan media digital bahwa mahasiswa memerlukan berbagai jenis media digital dalam proses perkuliahan seperti e-book, infografis, audio, video dan animasi. Namun, salah satu media digital yang paling banyak diperlukan yaitu video pembelajaran. Dengan menggunakan desain berbasis penelitian atau Design Based Research (DBR) dirancanglah sebuah media digital yaitu video pembelajaran berbasis motion graphic berdasarkan analisis kebutuhan berbagai media digital yang diperlukan untuk perkuliahan Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar, desain pengembangan media digital baik tahap pra produksi dan pasca produksi, ujicoba ahli media dan materi hingga evaluasi secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa media digital dari hasil pengembangan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan sebagai salah satu alternatif media digital yang dapat digunakan dalam perkuliahan Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.


Keywords


Media Digital, Motion Graphic

Full Text:

PDF

References


Ajiprabowo, G. W., & Handriyotopo, H. (2020). Design Promotion Media For Reog Ponorogo With Graphic Motion Of Wayang Kulit. Artistic : International Journal of Creation and Innovation, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.33153/ARTISTIC.V1I1.2993

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video as Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.37905/JJI.V2I1.4640

Betancourt, M. (n.d.). The History of Motion Graphics. Retrieved March 23, 2022, from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=B_DeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA9&dq=Betancourt,+M.+(2013).+The+History+of+Motion+Graphics:+From+Avant-Garde+to+Industry+in+the+United+States,.+U.S.A.:+Wildside.&ots=TYTUh3y7oI&sig=binkb0-nCHZxd-J4RZk4O5ISo3w&redir_e

Bishop, J. B. (2006). College and University Counseling Centers: Questions in Search of Answers. Journal of College Counseling, 9(1), 6–19. https://doi.org/10.1002/J.2161-1882.2006.TB00088.X

Carra, E., Santoni, C., & Pellacini, F. (2019). Grammar-based procedural animations for motion graphics. Computers & Graphics, 78, 97–107. https://doi.org/10.1016/J.CAG.2018.11.007

Cotton, W., Cotton, W., Lockyer, L., & Brickell, G. (2009). A Journey Through a Design-Based Research Project. EdMedia + Innovate Learning, 2009(1), 1364–1371. Retrieved from http://www.editlib.org /p/31995/

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V6I1.2119

Dewantara, K. H. (1967). Some Aspects of National Education and the Taman Siswa Institute of Jogjakarta. Indonesia, 4, 150. https://doi.org/10.2307/3350909

Ferani. (2021). Media Digital Whiteboard Animation pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Basicedu. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2340/pdf

Gandana, G. (2019). Literasi ICT & Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=0d_kDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Gandana,+2019&ots=IGnHPjJvra&sig=ujmBnfhOT_pXhnL1uglFr3YIlWM&redir_esc=y#v=onepage&q=Gandana%2C 2019&f=false

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital technology and practices for school improvement: innovative digital school model. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1), 1–32. https://doi.org/10.1186/S41039-018-0094-8/TABLES/9

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2124

Kasali, R. (2017). No Disruption “Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motivasi saja tidak cukup”Title (11th ed.). Jakarta: Gramedia.

Kryukov, V., & Gorin, A. (2017). Digital technologies as education innovation at universities. Australian Educational Computing, (1), 32.

Mourlam, D. J., Strouse, G. A., Newland, L. A., & Lin, H. (2019). Can they do it? A comparison of teacher candidates’ beliefs and preschoolers’ actual skills with digital technology and media. Computers & Education, 129, 82–91. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2018.10.016

Nikafrooz, M. (n.d.). Hearing-Aids-Maintenance-Training-for-Hearing-Impaired-Preschool-Children-with-the-Help-of-Motion-Graphic-Tools. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/345308421

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V5I5.1244

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/JMP.V14I2.9486

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/ Basicedu.V5I6.1717

Rosalina, A., Azro, I., & Tompunu, A. N. (2021). Pembuatan Animasi Motion Graphic dalam Pembelajaran Akuntansi Bagan Akun Standar untuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(2), 22–32. https://doi.org/10.5281/3540.JUPITER.2021.10

Sa’adah; et al. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/ijhe/article/view/19904

Sandhaus, L. (2006). Los Angeles In Motion : A Beginner. Retrieved March 23, 2022, from https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Sandhaus%2C+L.+%282006%29.+Los+Angeles+In+Motion+%3A+A+Beginner’s+Guide+From+Yesterday+to+Tomorrow+%28Online%29.+Tersedia+%3A+http%3A%2F%2Fwww.lsd-studio.net%2Fwriting%2Flainmotion%2Fpdfs%2FLA_in_Mot

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/ 10.31004/Basicedu.V5I4.1138

Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.33369/DIKSA.V7I2.20986

Tartila, A. H. M. (n.d.). View of Penggunaan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021. Retrieved March 24, 2022, from https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/188/111


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dadan Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.