Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif

Adrian Topano, Asiyah Asiyah, Yashori Revola

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2954

Article Metrics

Abstract Views : 194 times
PDF Downloaded : 138 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa melalui pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April–September 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (four-D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi media, angket kepraktisan media dan lembar observasi. Hasil analisis data terhadap aktivitas belajar mahasiswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rerata skor sebesar 81,55% dalam katagori aktif, sedangkan pada saat uji coba kelompok besar rerata skor aktivitas mahasiswa sebesar 80,75% dalam katagori aktif. Dari data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar mahasiswa pada saat uji coba kelas kecil maupun uji coba kelas besar beraada dalam kategori aktif sehingga media pembelajaran ini sangat efektif digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa.


Keywords


Aktivitas Belajar, Media Pembelajaran IPA, Multimedia Interaktif.

Full Text:

PDF

References


Adi, W. C., Suratno, & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bondowoso. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–8.

Ahmad, N. J., Yakob, N., Bunyamin, M. A. H., Winarno, N., & Akmal, W. H. (2021). The Effect Of Interactive Computer Animation And Simulation On Students’Achievement And Motivation In Learning Electrochemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 311–324. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.26013

Aina, M. (2013). Efektifitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa- Biologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pria. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1–6.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Arda, Saehana, S. &, & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains (SNasTekS), 1(September), 149–160.

Dewi, N. K. R. A., Jampel, I. N. &, & Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Dengan Model Assure Untuk Siswa Kelas VII SMP 1 Sawan. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1).

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Development Of Learning Media As Interactif Multimedia Based Android On Plantae Material For Senior High School In Using Eclipse Galileo. Jurnal BIODIK, 2(1).

Harahap, H. S., Hasruddin &, & Djulia, E. (2015). The Development of Biology Interactive Learning Media Based Macromedia Flash in the Material of Digestive System of Human at Class XI SMA/MA. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 636–644.

Irwandi. Wulandari, N & Topano, A. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kognitif Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018. 1995, 191–196.

Khairani, F., Ningtias, I. W. U., & Destini, F. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Perkuliahan E-Learning pada Mata Kuliah Landasan Kependidikan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5530–5541.

Muchtar, F. Y., Nasrah, & S, M. I. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529.

Muslimah, F., & Rinawati, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang Di Smk N 1 Sewon. Jurnal Pendidikan, 2(5), 1–9.

Nur’aini, F., Chamisijatin, L., & Nurwidodo. (2013). Pengembangan Media Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa MAN 2 Batu Materi Kingdom Animalia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 35–46.

Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia, 5(2).

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahmatan, H. (2013). Tanggapan Mahasiswa Dandosen Terhadap Model Perkuliahan Biokimia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Edubio Tropika, 1(2), 61–120.

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80.

Riani, S., Hindun, I., & Krisno Budiyanto, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i1.2298

Samodra, D. W., Suhartono, V., & Santosa, S. (2019). Multimedia pembelajaran reproduksi pada manusia. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 695–710.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar Mipa, 9(2), 62–67. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i2.46

Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran ipa terpadu tema cahaya untuk siswa smp/Mts. Unnes Science Education Journal, 2(1), 230–238.

Tapilouw, F., & Setiawan, W. (2018). Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 19–26.

Topano, A., Asiyah, Basinun, Walid, A., & Febrini, D. (2021). Improving student cognitive learning outcomes through the development of interactive multimedia- based biology learning at Muhammadiyah University , Bengkulu Improving student cognitive learning outcomes through the development of interactive multimedia-b. In Journal of Physics: Conference Series, 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012042

Tumbel, F. M. (2018). Development of audio visual learning media using mitochondrial DNA analysis of fruit fly from minahasa based saintific approach. International Journal of Advanced Educational Research, 3(2), 352–356.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The effect of multiple media instruction in improving students ’ science process skill and achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 346–350. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.099

Wardani, S., Mudzalipah, I. &, & Hidayat, E. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 167–177.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9759/4611

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adrian Topano, Asiyah Asiyah, Yashori Revola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.