Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar

Authors

  • Mitrakasih La ode Onde Universitas Muhammadiyah Buton, Sulawesi Utara, Indonesia, Indonesia
  • Hijrawatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton, Sulawesi Utara, Indonesia, Indonesia
  • Fitriani B Universitas Muhammadiyah Buton, Sulawesi Utara, Indonesia, Indonesia
  • Eka Rosmitha Sari Universitas Muhammadiyaj Buton, Sulawesi Utara, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Keywords:

Kata Kunci, Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik.

Abstract

Penguatan Pendidikan karakter menjadi perhatian utama di era revolusi industry, dimana dunia anak mulai dipengaruhi oleh tekhnologi yang juga membawa dampak negatif bagi anak jika control guru dan orang tua lepas kendali. Penguatan Pendidikan karakter adalah Gerakan Pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). Dimana penguatan Pendidikan karakter ini dilakukan secara terintegrasi kedalam semua mata pelajaran yang disajikan berdasarkan tema dengan menghadirkan nilai-nilai karakter sesuai dengan materi pelajaran yang dipelajari mulai dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir pembelajaran. Pada tahap perencanaan dengan mengacu pada perangkat pembelajaran tertuang secara jelas nilai-nilai karakter yang termuat pada KI, KD, dan tahapan pelaksanaan kegiatan. Begitupun pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada setiap tahapan sudah memunculakn penguatan Pendidikan karakter, meskipun tidak memunculkannya secara keseluruhan namun sudah mewakili beberapa nilai karakter yang diharapkan. Evaluasi penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan melihat karakter spiritual siswa dan karakter sosial siswa melalui lembar observasi saat proses pengamatan secara langsung di kelas, catatan penting lainnya, dan protofolio.

References

Ahmadi,L.K. dan Amri, S. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta:PT Prestasi Pustakarya.

Agestia Dewi Novita. 2017. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas Rendah SD Karang Tengah 3 Sragen.(Online),http//:eprints.ums.ac.id./diakses-pada-tanggal-02-Agustus2019.

Harmawan Kartajaya. 2010. Grow with Character : The Model Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). (Online),https://www.kemdigbud.go.id./diakses-pada-tanggal-15-Agustus2019.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka

Maharani Dina, Asrori, dan Sulistyarini. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pontianak Barat. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP. UNTAN. Pontianak. (Online),http//:jurnal.untan.ac.id/diakses-pada-tanggal-02-Agustus-2019.

Prasetyo, A dan Rivashinta. 2011. Konsep, Urgensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (online). Diakses http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/27/konsep-urgensi-dan-implementasi-pendidikan-karakter-di-sekolah/.(10-Oktober 2019)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan r&d. Bandung:Alfabeta.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata & Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum. Bandung : Rosdakarya.

Samawi, A. 2012. Pendidikan Karakter Berorientasi Nilai Pancasila, antara Harapan dan Kenyataan. Bandung: FIP UPI.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Prenada Media Gro

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Citation Check