Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membuat Perencanan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik

Authors

  • Syufriati Syufrianti Sekolah Dasar Negeri 11 Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Gustina Gustina Sekolah Dasar Negeri 4 Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.360

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Perencanaan Pembelajaran, Supervisi Akademik,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru kelas dan guru mata pelajaran dalam membuat perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik di SD Negeri 11 Payakumbuh.Metode penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dan instrumen penilaian yang berisi delapan item pembuatan perangkat pembelajaran selama kegiatan observasi berlangsung. Hasil penilaian kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus berikutnya, guna untuk menarik kesimpulan.Temuan penelitian adalah bahwa berdasarkan observasi awal terhadap 16 orang guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 11 Payakumbuh, memperoleh nilai 39,1%. Setelah dilaksanakan siklus I, diperoleh hasil 73,2%. Sedangkan pelaksanaan siklus II diperoleh hasil 94,5%, dengan kriteria nilai Sangat Baik.Implikasi hasil penelitian melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru kelas dan guru mata pelajaran dalam membuat perangkat pembelajaran di SD Negeri 11 Payakumbuh. Dengan demikian,  hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik

References

______Peraturan Mentri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

______Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Setandar Nasional Pendidikan. Jakarta:BP Darma Bakti.

______Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

______Permendiknas No. 16 tahun 2009 tentang penilaian kinerja guru: Jakarta Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. (1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bima Aksara.

Bafadal, Ibrahim. (1996) Supervisi Pengajaran. Tiori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta. Bumi Aksara.

Darma, Agus. (2000) Manajemen Supervisi. Petunjuk Praktis Bagi supervisor. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Kloang Klede Putra Timur.

Jama, Jalius. (2004) Bahan Kajian Kuliah Pengawasan dan Supervisi Pendidikan. Universitas Negeri Padang Program Pascasarjana.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta . Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. Badan PSDM dan PMP.

Nana, Sujana. (2001) Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Oteng, Sutisna. (1989) Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. (1986) Pemikiran Tentang supervisi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Sahertian P.A. dan F. Mataheru. (1982) Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan.

Sukardi. (2003) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surabaya: Usaha Nasional

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Syufrianti, S., & Gustina, G. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membuat Perencanan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Basicedu, 4(2), 389–395. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.360

Citation Check