Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Eksplorasi Motif Lukisan Gorga Suku Batak Toba pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4068Keywords:
Matematika, Kekongruenan, Kesebangunan, Gorga, BudayaAbstract
Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami dan guru dalam mengajarkan pelajaran matematika materi kekongruenan dan kesebangunan. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh media video pembelajaran menggunakan eksplorasi motif lukisan gorga suku batak toba pada materi kekongruenan dan materi kesebangunan yang valid, praktis, efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian diperoleh dari validasi media video pembelajaran skoring kelayakan bernilai 4,1; kepraktisan bernilai 84,6 berarti “setuju†dengan pengembangan media video pembelajaran menggunakan eksplorasi motif lukisan gorga suku batak toba pada materi kekongruenan dan kesebangunan; efektif digunakan dimana keefektifan ini berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif, dimana respon siswa positif, serta aktivitas siswa selama pembelajaran efektif, dan hasil nilai tes belajar siswa memenuhi batas ketuntasan di kelas. Melalui media video pembelajaran menggunakan eksplorasi motif lukisan gorga suku batak toba pada materi kekongruenan dan materi kesebangunan siswa lebih memahami materi matematika dan mendapatkan nuansa baru serta guru lebih mudah menerangkan materi matematika.
References
Aspuri, A. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 124. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651
Barus, D. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Batak Toba. Cart. J. Pendidik. Mat, 2, 45–61.
Febriarti, G. N. (2021). Eksplorasi Teknologi Digital dalam Pengembangan Media Pembelajaran SBdP Berbasis Kearifan Lokal Seni Tari Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa di SDN Ngabean Ponjong. Jurnal PGSD Indonesia, 7(2), 1–16.
Fitriyani, F., Sakur, S., & Maimunah, M. (2020). Media Pembelajaran Matematika berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 81–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9006
Hamid, A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Sdn 007 Panipahan Darat. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 277. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4598
Hutahaean, A. N. P. S., & Agustina, W. (2020). Peran Filosofi Budaya Batak Toba dalam Dunia Pendidikan. Etnoreflika: Jurnal Sosial Dan Budaya, 9(3), 313–324.
Mahendra, M. K. I., Sindu, I. G. P., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Book 2 Dimensi Sub Tema Lingkungan Alam di PAUD Telkom Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 1. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.30217
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Mendoca, E. F., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123–131. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.123-131
Nugraha, D., Rianawati, A. I., & Lestari, S. M. (2022). Pengembangan E-Book “Kingdom of Islamic†Sebagai Media Digital untuk Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3346–3352. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2719
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Pane, R. N., & Sihotang, M. A. I. (2022). Etnomatematika Pada Rumah Bolon Batak Toba. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 384–390.
Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 255. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.883
Priatna, I Komang, I Made Putrama, D. G. H. D. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 302. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433
Rahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S. C., & Fiangga, S. (2020). Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65
Rasmawan, R. (2022). Stoichiometry E-Book Based on Creative Problem Solving (CPS) to Solve Conceptual Problems. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.43441
Sihombing, A. A. (2018). Mengenal Budaya Batak Toba Melalui Falsafah “Dalihan Na Toluâ€(Perspektif Kohesi dan Kerukunan). Jurnal Lektur Keagamaan, 16(2), 347–371.
Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Ornamen Rumah Bolon Batak Toba Terhadap Konsep Geometri. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(2), 100–104.
Sinaga, S. J., Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction.
Wahyuni, D., & Febrian, L. R. T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Hasil Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau. 2(2).
Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Widya, W., Yusmanila, Y., Zaturrahmi, Z., & Ikhwan, K. (2022). Praktikalitas E-Module Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Materi Fluida Dinamis Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3313
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).