Pemikiran Digitalisme dan Implikasinya pada Guru Penggerak di Era Metaverse

Authors

  • Meria Ultra Gusteti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Jamaris Jamna Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sufyarma Marsidin Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4417

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara konseptual pemikiran digitalisme yang diterapkan oleh guru penggerak di era metaverse. Penelitian ini merupakan literature review. Digitalisme merupakan pemikiran yang menggunakan teknologi agar bertindak secara efektif dan efisien. Teknologi digital berfungsi sebagai platform untuk berkomunikasi, berinovasi, dan mengembangkan kreativitas manusia. Teknologi ini terus berkembang dan saat ini dikenal dengan era metaverse, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi metaverse sebagai alat pendidikan memberikan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Ini bisa membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah, efektif, efisien, lebih inovatif dan lebih menarik dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini digunakan Kurikulum Merdeka dengan salah satu programnya adalah Guru Penggerak. Guru penggerak merupakan agen perubahan yang harus meningkatkan literasi digitalnya. Guru harus melek teknologi dan menggunakannya dalam pembelajaran. Orang tua juga perlu belajar dan beradaptasi agar bisa mendampingi tumbuh kembang anaknya. Pendidikan karakter harus terus dimaksimalkan, baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Dalam Kurikulum Merdeka pengembangan kemampuan siswa dilakukan secara holistik melalui perwujudan Profil Pelajar Pancasila yang profil lulusannya mempunyai kemampuan dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

References

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.†Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Aspi, M., Selatan, K., & Selatan, K. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. 2(1), 64–73.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi. Infokam, 116–123.

Dewanti, S. R. (2021). Development of Instagram and YouTube Content Videos ’ for Online Learning Pengembangan Konten Video pada Instagram dan YouTube untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 181–188.

Endarto, I. A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Gusteti, M. U., Martin, S. N., Indriani, N., Monalisa, S., Miftahurrisqi, U., & Permatasari, P. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Masa Pandemi. 6(2), 277–284.

Gusteti, M. U., Rifandi, R., Gustya Manda, T., & Putri, M. (2021). The development of 3D animated video for mathematics learning in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012098

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, S. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Kinabalu, 11(2), 50–57.

Hwang, G. J., & Chien, S. Y. (2022). Definition, roles, and potential research issues of the metaverse in education: An artificial intelligence perspective. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3(May), 100082. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100082

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Julia, J., Dolifah, D., Afrianti, N., Isrokatun, I., Soomro, K. A., Erhamwilda, E., Supriyadi, T., & Ningrum, D. (2020). Flipped classroom educational model (2010-2019): A bibliometric study. European Journal of Educational Research, 9(4), 1377–1392. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1377

Lee, J. Y. (2021). A Study on Metaverse Hype for Sustainable Growth. International Journal of Advanced Smart Convergence, 10(3), 72–80.

Lee, L., Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu, D., Lin, Z., Kumar, A., & Nov, C. Y. (2021). All One Needs to Know about Metaverse : A Complete Survey on Technological Singularity , Virtual Ecosystem , and Research Agenda. 14(8), 1–66.

Mariya, S. (2021). Futurism and Digitalism in the World of Education. Central Asian Journal of Social Sciences and History, 2021(c).

Mystakidis, S. (2022). Metaverse (pp. 486–497).

Nagri, K. S., Muqawim, Radjasa, Munastiwi, E., & Santika, R. (2020). Menggali Prinsip Dasar Guru Penggerak Melalui Rekonstruksi Pemikiran Nurcholis Madjid. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurihayanti, O. (2021). Pancasila Student Profile as Achievement Merdeka Belajar on Program Guru Penggerak. International Conference of Interdisciplinary Sciences ICIS, 2, 200–209.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rifandi, R., Ahmad, D., & Gusteti, M. U. (2020). Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1), 27–33.

Rospigliosi, P. (2022). Metaverse or Simulacra ? Roblox , Minecraft , Meta and the turn to virtual reality for education , socialisation and work. Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2022899

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3, 123–133.

Saputri, R. M. (2022). The Influence Of Learning Media As An Efforts To Improve Understanding Of Pancasila Values Through Online Learning. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 664. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.42199

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Sayekti, O. M. (2022). Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya : Analisis pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 9.

Susilawati, E., Badaru, B., Safrida, & Sauqi, A. (2022). eBook - E - Digitalisasi Era Metaverse (A. Wijayanto & R. Ali (eds.)). Akademia Pustaka.

Syafi’i. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,†November, 46–47.

Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37920

Wijayanto, A., Marzuki, A. G., & Kurniawan, A. W. (2022). eBook - G - Neo Teknologi Informasi era Metaverse. Akademia Pustaka.

Wijayanto, A., Nizaruddin, Ayzzaro’, A. L., Susilowati, R., & Kuswanto, C. W. (2022). Universalisme Dunia Metaverse. Akademia Pustaka.

Zb, A., Novalian, D., Ananda, R., Habibi, M., & Sulman, F. (2021). Distance Learning With STEAM Approaches: Is Effect on the Cognitive Domain? Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 6(2), 129–140.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Gusteti, M. U., Jamna, J., & Marsidin, S. (2023). Pemikiran Digitalisme dan Implikasinya pada Guru Penggerak di Era Metaverse. Jurnal Basicedu, 7(1), 317–325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4417

Issue

Section

Articles

Citation Check