Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Haidir Haidir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Mardianto Mardianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sitti Isni Azzah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Three Wulan Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rizka Amalia Rahmadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4542

Keywords:

Pendampingan Orang Tua, Minat Belajar Baca Tulis Al-Quran

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dikarenakan pentingnya peran orang tua dalam memunculkan minat belajar baca tulis Alquran. Kehadiran orang tua mampu memicu semangat anak sehingga mampu memberikan pengaruh kepada anak untuk giat dalam membaca dan menulis Alquran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara pengaruh pendampingan orang tua terkait minat belajar membaca dan menulis al-Qur’an pada anak di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi yang diambil adalah semua siswa yang ada di MIS Az-Zuhri Desa Medan Sinembah dengan jumlah keseluruhannya yaitu 163 peserta didik, dengan mengambil sampel 27 siswa melalui teknik sampling random. Pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil jika terdapat kemajuan pada siswa yang mengalami pendampingan dari orang tua secara langsung dalam menumbuhkan minat baca tulis Alquran pada anak. Nilai rata-rata yang diperoleh pada peran orang tua siswa menunjukkan hasil yang positif yaitu 68,74. Pada minat belajar siswa juga menunjukkan hasil yang baik dengan pencapaian nilai sebesar 66. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan jika ada pengaruh dari pendampingan orang tua pada perkembangan minat belajar baca tulis Alquran pada anak Madrasah Ibtidaiyah Az-Zuhri Desa Medan Sinembah yang menunjukkan pengaruh yang positif dengan perolehan nilai koefisien korelasi sebanyak 0,507 serta nilai yang signifikan sebanyak 0,007 atau <0,05.

Author Biography

Rizka Amalia Rahmadhani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Magister PAI

References

Bima Walgito, 1981, Bimbingan dan Penyaluran Sekolah, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM,

Dian Setianingsih, 2013, Deskripsi Persepsi Siswa terhadap Pendamingan Orang Tua dalam Belajar di Rumah pada Kelas VII SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta.

Donik Agus Setiyanto, 2015, Pengaruh Intensitas Menonton Televisi dan Pendampingan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar, Skirpsi Universitas Dipenogoro.

Fajar Ahmad Dwi Prasetyo, 2018, Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Yogyakarta.

H. Syatina, D. (2021). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 1(1).

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1).

Herdiansyah, H. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 1(1).

Isti Silviana Dewi, 2021, Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak pada masa Pandemi Covid-19 di Dusun Jenetallasa Desa Kayuloe Barat Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, Makassar.

Kadir, A., & Dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Prenada Media Group.

Kurnia Khairiyah Damanik, 2020, Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Minat Belajar Baca Tulis Alquran Siswa SD Negeri 101993 Desa Sukaluwei Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang, Medan.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Rosdakarya.

Masykur. (2015). Eksistensi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Maulana. (2016). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara.

Monalisa, D. (2022). Pendampingan dalam Belajar Al-Qur’an Pada Anak-Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya. Jurnal Al Ilmi, 3(1).

Muhammad Mukhofifin, D. (2022). Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Jepara. Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).

Nurlaila. 2020. Pedoman baca Tulis Al-Quran, Palembang: UIN Raden Fattah Palembang

Puji Muniarty, D. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Qomaruddin, 2017, Pendampingan Orang tua terhadap Pendidikan Anak, CENDEKIA: Jurnal Dtudi Keislaman.

Rosita Nugraheni Kusumaningrum, 2021, Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi, Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, Magelang.

Rouf, A. (2016). Potret Pendidikan Agama Islam.

Sandu Siyoto, 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Slameto, 1991, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Renika Cipta.

Syamsyu Yusuf LN, 2012, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syaiful Bahri Djamarah, 2008, Psikologi Belajar Edisi 2, Jakarta: Rineka Cipta.

U. Hasanah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorongan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2).

Wiryasaputra, 2006, Pendampingan Dan Konseling Pisikologi, Yogyakarta: Galang Press.

Zakiah Darajat, 2012, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Haidir, H., Mardianto, M., Azzah, S. I., Ramadhani, T. W., & Rahmadhani, R. A. (2023). Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 771–778. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4542

Issue

Section

Articles

Citation Check