Analisis Kebutuhan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Pati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V

Authors

  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Zahra Rifqa Afisa Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5573

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan penting untuk meningkatkan pengetahuan anak bangsa, untuk itu guru dituntut untuk menumbuhkan kondisi belajar yang imajinatif dan modern supaya menarik minat dan semangat siswa ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V MI PIM Mujahidin di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat 9 sampai 11 siswa yang hasil belajanya tidak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed methods) dengan varian sequensial eksploratori. Subjek yang terpilih yaitu guru wali kelas V dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Wawancara digunakan sebagai instrumen untuk mengetahui reaksi guru dan siswa terhadap penggunaannya dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru memakai media buku tema, gambar, dan lingkungan sekitar. Siswa merasa kurang tertarik dan bosan dalam kegiatan pembelajaran hanya dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa guru kelas dan siswa kelas V MI PIM Mujahidin memerlukan media pembelajaran untuk penunjang kegiatan belajar. Media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan menarik salah satunya adalah komik. Penggunaan media visual seperti komik diharapkan mampu membangkitkan minat siswa akan suatu materi seperti keberagaman sosial budaya.

References

Abdurrohim, Muhammad, Dewi Tryanasari, and Hartini. 2020. “Pengembangan E-Comic Berbasis Wayang Materi Perubahan Bentuk Energi Dan Sumber Energi Alternatif Untuk Kelas IV SD.†Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar) 4 (2): 92–97.

Ambaryani, and Gamaliel Septian Airlanda. 2017. “Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar.†Jurnal Pendidikan Surya Edukasi 3 (1): 19–28.

Anggraini, Nova. 2022. “Pengembangan Media Berbasis E-Komik Matematika Materi Statistik Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Batanghari.†UIN Sutha Jambi, 1–12.

Astuti, Subhiya Dwi, Ika Ari Pratiwi, and Siti Masfuah. 2022. “Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 8 (2): 552–58. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2065.

Candra, W, D Setiawan, and N Fajrie. 2020. “The Development of Social Attitudes through Appreciation Process of the Sambatan Tradition.†Jurnal Pendidikan Sekolah …, no. March. https://scholar.archive.org/work/x32vzaryjbfdphnzcko2ruffoa/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/download/30932/pdf.

Fajri, Zaenol. 2018. “Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013.†Pedagogik 05 (01): 100–108.

Febriyandani, Riskika, and Kowiyah Kowiyah. 2021. “Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd.†Js (Jurnal Sekolah) 5 (3): 158. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548.

Hardiyanti, Dwi Astuti, Fina Fakhriyah, and Irfai Fathurohman. 2019. “Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal Pada Materi Gaya Dan Cerita Fiksi Di Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia Dan Ilmu Pengetahuan Alam.†In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidkan Dasar Nasional (PPDN) 2019 1 (1): 397–407. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3279.

Haryanto, Rudy. 2018. “Analisis Pemanfaatan Modul Berbasis Potensi Lokal Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan.†Indonesian Biology Teachers 1 (2): 62–68.

Hasanah, Uswatun, Rica Wijayanti, and Metty Liesdiani. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa.†ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (2): 104–11.

Indriani, Fifi. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Komik Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar PKN Murid SD Negeri 18 Leppangeng Kabupaten Pangkep.†Universitas Muhammadiyah Makassar.

Istiana, Iga. 2019. “Pengembangan Media Berbasis Komik Pada Pembelajaran Tema 7 Kelas IV SD/MI.†Carbohydrate Polymers 6 (1): 5–10.

Magdalena, Ina, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang.†Jurnal Pendidikan Dan Sains 2 (3): 418–30. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689.

Maghribi, Luqman Rohmad, Nur Fajrie, and Sri Surachmi W. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Di SD Margorejo 01 Kecamatan Pati.†Journal on Education 05 (03): 5917–24.

Muallifah, Azizah Nur, and Syariful Fahmi. 2022. “Analisis Kebutuhan Media Match Comic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.†Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 361–70.

Nabila, Shella, Idul Adha, and Riduan Febriandi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5 (5): 3928–39. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475.

Nuralisa, Siti Fatimah, Mudmainah Vitasari, and Adi Nestiadi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) Tema Pelestarian Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif.†Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 12 (1): 33. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10251.

Pratama, F A S, and A N Jannah. 2022. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Bangkalan.†Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, no. April: 98–106. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/300%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/300/250.

Putri, Rizka, and Ridho Bayu Yefterson. 2022. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Komik Digital†4 (4): 140–51.

Putu Agus Putra Dwipayana, I Wayan Redhana, Putu Prima Juniartina. 2020. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Smp.†JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia 3 (April): 49–60.

Samsinar, S. 2019. “Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ).†Jurnal Kependidikan 13: 194–205.

Sari, Wann Nurdiana, Sri Surachmi W, and Nur Fajrie. 2023. “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Dalam Materi Pembelajaran Ekosistem Untuk Kelas V SD Di Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah†6 (April): 2472–80.

Suganda, Angga Piki, Angga Setiawan, and Moh Farid Ma’ruf. 2022. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV.†Jurnal Pendidikan Dewantara: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan 8 (1): 8–15. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.187.

Suparman, Ira Wulandari, Marlina Eliyanti, and Eli Hermawati. 2020. “Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar.†Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7 (1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860.

Tyas, Hastrika Cahyaning. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Game Berbasis Android Pada Muatan Pembelajaran IPS Materi Keragaman Budaya Indonesia Siswa Kelas IV SDN Bakurejo.â€

Utami, Mustika Zahfira, Iwan Setiawan, Eko Risdianto, and Elsa Viona. 2021. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik.†In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 344–50.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Pratiwi, I. A., Afisa, Z. R., & Fajrie, N. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Pati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 7(3), 1592–1600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5573

Issue

Section

Articles

Citation Check