Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memahami Karakteristik Peserta Didik

Authors

  • Ilham Ismail Lubis Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Abu Anwar Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Durrah Sakinah Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5726

Keywords:

Pendidikan karakter, peserta didik

Abstract

Pendidikan memiliki kaitan yang erat dengan proses belajar mengajar. Pendidikan karakter merupakan salah satu perwujudan dari sistem pendidikan nasional. Berdasarkan observasi lapangan, guru masih sangat minim atau rendah dalam memahami karakteristik peserta didik. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk menganalisis terkait kemampuan guru PAI dalam memahami karakteristik peserta didik berbasis pendidikan karakter islami untuk mencapai pembelajaran bermakna. Penulisan jurnal ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di MI Asshobirin Flamboyan, MI Nurul Jadid Desa Indrasakti serta MI Al Muhajirin Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Waktu penelitian adalah November-Desember 2022. Hasil yang didapatkan adalah di MI Asshobirin Flamboyan, MI Nurul Jadid Desa Indrasakti serta MI Al Muhajirin Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar rata-rata para peserta didik dan guru memiliki karakter religius yang diketahui dari perilaku subyek penelitian seperti sholat tepat waktu, mengawali dan mengakhiri kegiatan dengan doa, pembacaan al-qur’an dengan baik dan tartil, serta pembiasaan dalam mengikuti sunnah-sunnah Rasul yaitu melaksanakan sholat dhuhaa, melaksanakan amal jariyah, dan lain sebagainya. Kesimpulannya adalah kemampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik dapat dilakukan pada saat pembelajaran di kelas. Adapun sebelum melakukan pembelajaran, guru harus menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan matang terlebih dahulu.

References

Abdul Fatah, D. (2018). Pendidikan Karakter dalam Novel Maha Mimpi Anak Negeri. Jurnal Gramatika, 1.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al Ulum, 13(1).

Amini, A, D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Budiman, A. (2013). Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At Ta’dib, 8(1).

Emilda A, Khairiah, A. A. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1).

Febriyanti. (2022). Penggunaan Media Online Pada Pembelajaran Daring Untuk Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education, 3(1).

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar.

Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1181

Jasmani, & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru (R. K. Ratri (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Kuswanto. (2012). Statistika Terapan Pertanian. Rajawali Pers. http://kuswanto.lecture.ub.ac.id/files/2012/08/Kwt-1.Pengertian-Statistika-pps1.ppsx#:~:text=Di bidang pertanian%2C penerapan ilmu,sampai pada pemasaran hasil pertanaian.

Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2).

Monalisa m, H. h. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Kreatif di SD Negeri 3 Tangkiling. Jurnal Riset Pendidiakan Dasar, 5(2).

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nugroho I, I. I. (2019). Implementasi Model PBL Pada Keterampilan Proses dan Karakter Islami Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains di MI. AULADUNA, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2).

Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072

Rosyad, A. M. (2019). Urgensi Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Journal For Islamic Studies, 2(1).

Saripudin, D, D. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Replika Sejarah dan Peta E Pen Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1).

Solichin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Dalam Pendidikan Agama Islam. TADRIS, Jurnal Pendidikan Islam, 12(2).

Triyani, D. (2020). Penanaman Sikap TanggungJawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Peserta didik Kelas III. Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2).

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Lubis, I. I., Anwar, A., & Sakinah, D. (2023). Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memahami Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 7(4), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5726

Issue

Section

Articles

Citation Check