Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SD Menggunakan Whiteboard Animation Untuk Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau

Authors

  • Akmal Rijal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia, Indonesia
  • Azimi Azimi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.640

Keywords:

bahan ajar, whiteboard animation, matematika SD, PGSD, STKIP PGRI Lubuklinggau.

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan saat ini antara lain meliputi masih rendahnya kompetensi guru dan dosen dalam era pendidikan 4.0 yaitu mengembangkan bahan ajar atau materi digital, oleh sebab itu maka seorang guru atau dosen harus memilki berbagai keterampilan diantaranya yaitu keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital matematika SD menggunakan whiteboard animation untuk mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau yang teruji valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dari Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester V di STKIP PGRI Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk dengan nilai rata-rata 95%. Bahan ajar sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang diperlukan dengan rata-rata nilai 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

References

Anggraini, V. Syahrul, Arief, D. Maistika, R. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Graphic Organizer Venn Diagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 No.4, 1219-1227.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desvianti, Desyandri, Darmansyah, Maistika, R. 2019. Peningkatan Proses Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 No.4, 1201-1211.

Kanematsu,& Barry. 2016. The effects of using an interactive whiteboard on theacademic achievement of universitystudents. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching (Vol. 12,pp. 1–19). Hongkong: The EducationUniversity of Hongkong, Department ofScience and Environmental Studies.

Kemendikbud. 2016. Guru Pembelajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemenristekdikti. 2018. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from:https://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/. (12 Agustus 2019).

Nieveen, N. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Plomp, Tj. 2013. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational &Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science andTechnology, University of Twente.

Rika, W., Buaddin, H., & Rishi, K.2018. Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5 (1), 53-63. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wawan S, dkk 2019. Development of traditional children play based instructional model to optimize development of kindergarteners’ fundamental motor skill. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38 (2), 363. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289.

Weaver, Barbara E dan Nilson, Linda B. 2009. Notebook in Class: What Are They Good For? What Can You Do With Them?. New Directions in Teaching andLearning. Vol 101: Page. 3-13.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Rijal, A., & Azimi, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SD Menggunakan Whiteboard Animation Untuk Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 5(1), 206–217. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.640

Citation Check