Efektivitas Model Pembelajaran Procedural Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Weweng Paramita Rusadi Pendidika Luar Biasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Marlina Marlina Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.654

Keywords:

Kata kunci, keterampilan vokasional, model pembelajaran procedural, siswa tunarungu

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Linggo Sari Baganti. Terdapat lima siswa tunarungu yang kurang motivasi dalam pembelajaran keterampilan vokasional, hal ini disebabkan guru belum optimal dalam menggunakan model disaat proses pembelajaran keterampilan vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas Model pembelajaran procedural dalam meningkatkan keterampilan vokasional bagi siswa tunarungu kelas X di SLB I Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design atau quasi eksperiment dengan jenis one group pre test and post test design. Penelitian terdapat dua kali pelaksanaan observasi, yang pertama sebelum eksperimen atau bisa disebut dengan pre test yang dimaksudkan agar memperhatikan kemampuan awal siswa ketika sebelum diberikan tindakan, selanjutnya ada sesuatu eksperimen atau disebut juga dengan post test ini dimaksudkan agar memperhatikan kemampuan siswa setelah diberikanya tindakan. Desain yang digunakan yaitu one group pre test dan post test design dalam rancangan ini terdapat satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian dalam instrumen penelitian ini terdapat alat, bahan dan langkah-langkah membuat papan karangan bunga. Tes yang digunakan pada saat sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan wilcoxon dengan SPSS. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran procedural dapat meningkatkan keterampilan vokasional bagi anak tunarungu di SLBN 1 Linggo Sari Baganti.

References

Amaliah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Matapelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Pada Materi Seni Merangkai Bunga Menggunakan Metode Demontrasi (PTK di Kelas V SDN Pagedongan Kec. Baros Kab. Serang). Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Anwar, A. S., & Lapenia, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiharti, R. (2010). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui Metode Demonstrasi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 7(1).

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Yrama Widya.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus ( Pendekatan Psikoedukasioanal) (H. Yenni (ed.)). UNP Press.

Marlina, M. (2014). Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif. Penelitian Pendidikan, 5(1).

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.

Putri, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Dikte Melalui Metode Eksplisit Instructions bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB Wacana Asih Padang. Universitas Negeri Padang.

Reutzel, D. R., Child, A., Jones, C. D., & Clark, S. K. (2014a). Explicit Instruction In Core.

Reutzel, D. R., Child, A., Jones, C. D., & Clark, S. K. (2014b). Explicit Instruction In Core Reading Programs. The Elementary School Journal, 114(3), 406–430.

Sari, D. E. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Karangan Bunga di Kota Bandung. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Al Lubab, 1(1), 105–120.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widayati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).

Yusuf, M. (2007). Metodologi Penelitian. UNP Press.

Zuliansyah, M., & Hasan, Y. (2018). Pelaksanaan Program Layanan Keterampilan Vokasional Pangkas Rambut Bagi Siswa SMALB Tunarungu di SLB Negeri 2 Tanjungpinang. 6.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Rusadi, W. P., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Procedural Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(1), 280–287. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.654

Citation Check