Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar

Authors

  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.723

Keywords:

model learnig start with a question, kemampuan membaca selalu berhemat energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat meningkat kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2 di kelas IV Sekolah Dasar PT Tunggal Yunus melalui penerapan model kooperatif tipe learnig start with a question. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2 yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe learning start with a question, dan kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu: perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2. Sebelum tindakan ketuntasan hasil kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2 siswa hanya mencapai 27%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 40%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 55% dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 80% kemudian siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe learnig start with a question dapat meningkatkan kemampuan membaca selalu berhemat energi pada tema 2 di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar.

References

Arikunto, S. (2015).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Doyin dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulis Karya Ilmiah. Semarang : UNNES PRESS

Daryanto. (2009). Panduan Proses

Ihsan.(2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP. Press.

Pembelajaran.Jakarta: AV Publisher.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Pasal 77G

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Pebriana, P.H. (2017). PeningkatanKeterampilanMenulisPuisiBebas MenggunakanPendekatanKontekstualSiswaSekolahDasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 7 Nomor 2, Juni 2017.

Purwanto, Ngalim.1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduan & Sunarto, (2012).Pengantar Statistika untuk Penelitian Tindakan Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rohman, Fathur. 2005. Pengembangan Pembelajaran Membaca. Makalah disampaikan dalam bimbingan Teknis Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia se-Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh sub Dinas Pengembangan Tenaga Kependidikan dan Non-Kependidikan Seksi PTK

Slamet, St. Y.. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press

Soyomukti.(2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suyatno.(2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif.Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tarigan, Henri Guntur. 1989. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung :Angkasa.

Tuminto, Didik. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres.

Tarmizi.(2013). Peningkatan Menulis Puisi Siswa Dengan Teknik Pemodelan Di Kelas VIIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.pdf. Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 406–417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.723

Citation Check