Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Aulia Novitasari Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.821

Keywords:

Media, Pembelajaran, Game edukasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan konstribusi yang cukup besar pada bidang pendidikan. Saat ini masih banyak sekolah dasar yang menggunakan media pembelajaran berupa audio, video, dan benda-benda di sekitar. Adanya perkembangan teknologi yang menawarkan aplikasi berbasis Android yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berupa games. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “UTAPSI†serta mengetahui kevalidan media pembelajaran “UTAPSI†untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas kelas 4 SD. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil dari validasi ahli materi memperoleh skor 89,09% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil dari validasi ahli desain pembelajaran memperoleh skor 73,3% sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari validasi media pembelajaran memperoleh skor 83,1% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari hasil validasi ahli tersebut dapat dinyatakan bahwa UTAPSI layak digunakan. Tingkat efektifitas berdasarkan hasil uji terbatas menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Z yaitu -4,732 sehingga dapat dikatakan sangat efektif.

References

Abduh, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa. 2(1). https://doi.org/10.15294/ijcets.v2i1.3228

Abduh, M., Nugroho, & Siskandar. (2014). Evaluasi Ppembelajaran Tematik Dilihat dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies.

Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game Panduan Praktis Bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Kompas Gramedia.

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. EduHumaniora, 2(1), 1–11.

Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Widya Sari Press.

Murtiningsih, S. (2009). Video Games Dan Filsafat Pendidikan: Pendekatan Teori Simulacra Jean Baudrillad. The 4th International Conference on Indonesian Studies: “Unity, Diversity and Future,†789–799.

Novita Irawati, T. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Dalam Membuat Soal Penalaran Proporsional Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2008, 1101–1106.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. In Kencana.

Rizal, A., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Game Edukasi Matematika Dengan Pendekatan Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 1–8.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) Edisi Kedua (R. G. Persada (ed.)).

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphonde dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika.

Smaldino, S., Lowther, D., & Russel, J. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (A. Rahman (ed.)). Kencana.

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian.

Sutirjo, & Mamik, S. I. (2005). Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Banyumedia Publishing.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep,. Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan. Kencana Prenada Media Group.

Ulfiani, R., Nursalam, N., & M. Ridwan, T. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas x ma negeri 1 watampone kabupaten bone. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 86–102.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform, 1(1), 1–8.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170

Woodill, G. (2010). The Mobile Learning Edge: Tools and Technologies For Developing Teams. McGraw-Hill Professional.

Downloads

Published

2021-02-24

How to Cite

Novitasari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 789–799. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.821

Citation Check