Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ririn Windawati Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Keywords:

Game Edukasi, Android, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu guru untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun saat ini masih banyak Sekolah Dasar yang melaksanakan kegiatan pembelajaran hanya menggunakan media dalam bentuk audio visual, alat peraga, dan benda-benda di sekitar saja sehingga membuat siswa mudah bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan adanya teknologi dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik berupa game edukasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas menurut pendapat ahli mengenai produk pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model desain pengembangan ASSURE yaitu Analisis Siswa (Analisis Learner), Menetapkan Tujuan (State Objektive), Memilih metode, media dan Materials (Select Method, Media & Materials), Memanfaatkan Media dan Bahan ajar (Utizile media & Materials), Melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran (Require Learner),dan Evaluasi dan revisi (Evaluasi & Revise). Data hasil uji validasi ahli diperoleh sebagai berikut: (1) persentase yang diperoleh dari uji validasi ahli materi sebesar 73% dengan kriteria penilaian yang didapatkan adalah tinggi; (2) presentase yang diperoleh dari uji validasi ahli media sebesar 97% dengan kriteria penilaian yang didapatkan adalah sangat tinggi. Berdasarkan uji validasi dari ahli media dan ahli materi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Pada Siswa Kelas IV dapat dikatakan layak digunakan.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

ASRI, D., & YERMIANDHOKO, Y. (2018). Pengembangan Game Edukasi Si Galang Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pakaian Adat Untuk Kelas IV Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254964.

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI “ PETUALANGAN SI ISAAC †BERBASIS ANDROID PADA MATERI GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR Abstrak. Jpgsd, 08(2), 240–249.

Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J. (1993). Instructional media and the new tec. instruction. New York: John Wiley and Sons.

Ibnu, H. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Yogyakarta: DIVA Press.

Suryani, Nunuk & Leo Agung. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Marc, P. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom. New York: Purwoko,Bangkit.

Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan.

Prasetya. (2013). Digital Game Based Learning Untuk Anak Usia Dini. TEKNO.

QURROTUL UYUN, L., & ZUHDI, U. (2019). Pengembangan Game Edukasi “Al Qur’an Ratsel Bambini†Berbasis Android Mata Pelajaran Pai Materi Hafalan Surat Pendek Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 3228–3238.

Rivai, S. dan. (2011). Sudjana dan Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan, 2(8), 1024–1029.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Citation Check