Game Elektronik Edukasi sebagai Multimedia Interaktif Untuk Sekolah Dasar di Pedesaan Indonesia

Authors

  • Zainal Abidin Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Chandra Chandra Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Yesi Anita Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Kharisma Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.855

Keywords:

game elektronik edukasi, media kreatif, sekolah dasar, wilayah pedesaan.

Abstract

Anak-anak di wilayah pedesaan Indonesia sebagian sudah mengenal cara menggunakan internet. Banyak di antara mereka kecanduan game online yang membawa pengaruh negatif. Praktisi pendidikan berusaha keras untuk memunculkan secara dominan pengaruh positif internet. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran yang cocok berupa game edukasi masa depan untuk siswa kelas lima sekolah dasar di wilayah pedesaan Indonesia. Penelitian dilakukan dengan model pengembangan 4-D: define, design, develop, dan disseminate.data diolah dengan bantuan SPSS type 22 untuk uji N-Gain. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 46 Kuranji, Kota Padang, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa game edukasi masa depan untuk siswa kelas lima sekolah dasar di wilayah pedesaan Indonesia layak dan efektif untuk digunakan. Anak-anak sangat antusias menggunakan game edukasi. Media game edukasi perlu dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan di lingkungan pedesaan Indonesia. Hal ini untuk menghilangkan kekakuan anak terhadap teknologi dan membiasakan anak menggunakan game edukasi dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Zainal Abidin, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Chandra Chandra, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Yesi Anita, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Zulmiyetri Zulmiyetri, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Pendidikan Luar Biasa

Annisa Kharisma, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Allen, L. K., Crossley, S. A., Snow, E. L., & Mcnamara, D. S. (2014). L2 Writing Practice : Game Enjoyment As a Key To. Language Learning and Technology, 18(2), 124–150. Retrieved from http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84901189309&partnerID=40&md5=45311b7e1debd92816352d4370ec199b

Anggraini, A. F., Erviana, N., Anggraini, S., & Prasetya, D. D. (2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. Prosiding SENTIA, 8.

BATTISTELLA, P. E., von WANGENHEIM, C. G., von WANGENHEIM, A., & MARTINA, J. E. (2017). Design and Large-scale Evaluation of Educational Games for Teaching Sorting Algorithms. Informatics in Education, 16(2), 141–164. https://doi.org/10.15388/infedu.2017.08

Benedic Guit, G. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer (JIM), 10(2).

Dyta, S. E. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Anak untuk Mengenal Bentuk dan Warna Benda. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Anak Untuk Mengenal Bentuk Dan Warna Benda.

Effendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 2(1).

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1). https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Gee, J. P. (2003). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. ACM Computers in Entertainment, 1(1), 1–4.

Maretayani, N. W., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan permainan snakes and ladders terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa. Journal of Education Technology, 1(2), 102–109. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/11747

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2). https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.7987

Pekince, P., & Avcı, N. (2018). Children’s perspective on the right of self-determination. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 431–439. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438133

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1.

Rizal, A., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Game Edukasi Matematika Dengan Pendekatan Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3).

Turan, Z., & Meral, E. (2018). Game-based versus to non-game-based: The impact of student response systems on students’achievements, engagements and test anxieties. Informatics in Education, 17(1), 105–116. https://doi.org/10.15388/infedu.2018.07

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform, 1(1).

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Abidin, Z., Chandra, C., Anita, Y., Zulmiyetri, Z., & Kharisma, A. (2021). Game Elektronik Edukasi sebagai Multimedia Interaktif Untuk Sekolah Dasar di Pedesaan Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 1018–1026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.855

Citation Check