Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Yusneli Syafari Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Keywords:

online learning, motivation, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa serta pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kueantitatif asosiatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa di MAS KMI Diniyyah Puteri, selanjtunya data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 25. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran daring memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, artinya semakin baik pembelajaran daring yang diberikan oleh guru, maka semakin baik pula motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Author Biography

Yusneli Syafari, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Nama: Yusneli Syafari Pendidikan: Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Padang Pekerjaan: Guru PPKN di MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang

References

Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. N. (2015). Intensitas Penggunaan ELearning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin.

B. Uno, H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M. . (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deep Publish.

Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. , (2003).

Hadisi dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kuntarto, Eko dan Asyhar, R. (n.d.). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. 2017.

Larasati, Sari Puteri Deta, Adhetya Cahyani, I. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3.

novel-coronavirus. (2019). Retrieved December 12, 1BC, from WHO website: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Purwanto, N. (2002). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-21

How to Cite

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Citation Check