Multimedia Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Vina Amilia Suganda M Universitas Sriwijaya, Indonesia, Indonesia
  • Sulkipani Sulkipani Universitas Sriwijaya, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.874

Keywords:

multimedia, karakter, pembelajaran matematika, sekolah dasar

Abstract

Pengembangan media pembelajaran mengikuti laju teknologi diharapkan tetap memiliki nilai-nilai karakter dalam tujuan penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan multimedia berbasis karakter pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunkan R & D Cycle Borg and Gall, yang terdapat tiga tahapan yang telah dilalui yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan uji coba produk. Pada tahap pengembangan, prototype multimedia yang telah disusun maka selanjutnya diadakan validasi oleh ahli materi, media dan bahasa yang menghasilkan tingkat validitas 96,3% atau kategori valid. Pada tahap uji coba produk, tahapan yang dilakukan adalah uji coba one to one, small group, dan field evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan tingkat kepraktisan multimedia berbasis karakter sebesar 87.91% dengan kategori sangat baik dan hasil observasi terhadap aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa menampilkan aktivitas yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase yang diperoleh sebesar 86.64, kemudian berdasarkan perolehan nilai pretest dan posttest tersebut diketahui terdapat peningkatan sebesar 14 dengan N-Gain sebesar 1 yang artinya multimedia berbasis karakter ini memiliki efek potensial dengan kategori tinggi. Multimedia ini dikembangkan dengan harapan dapat dibangun karakter positif melalui pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

References

Ahmadi, F., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI “MULTIMEDIA INDONESIAN CULTURE†(MIC) SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. 10.

Alhaddad, I. (2015). PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MASA KINI. 14.

Ananda, R. (2017). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 016 BANGKINANG KOTA. 1, 10.

Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah. 11.

Anwar, Z. (2012). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 5, 9.

Bilda, W. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER TERENCANA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Mathematics Education, 8.

Dewi, Y. K. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA7. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 8.

Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2018). Audio-Visual Media in Learning. 1(2), 6.

Hartoyo, A. (2015). Pembinaan karakter dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–22. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.90

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Khairi, A. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. 13.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. 7.

Lusiana, D., & Lestari, W. (2013). INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MATA PELAJARAN PKN SMK. 6.

Maharani, Y. S. (2015). EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KURIKULUM 2013. 10.

Miliyawati, B. (2016). KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI JEPANG SERTA PERBANDINGANNYA DENGAN DI INDONESIA. KALAMATIKA, 1(1), 1. https://doi.org/10.22236/kmk.v1i1.4

Munawaroh, I. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERINTEGRASI NILAI KARAKTER. 46, 13.

Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). INTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) ERA 4.0 PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.11241

Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF KELAS IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). PENDIDIKAN NILAI, BUDAYA DAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR PADA SD/MI. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767

Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 7. https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Suganda M, V. A., & Sulkipani, S. (2021). Multimedia Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1104–1111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.874

Citation Check