Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Tri Septiyowati, Tego Prasetyo

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.893

Article Metrics

Abstract Views : 77 times
PDF Downloaded : 26 times

Abstract


Model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik masih menjadi hambatan bagi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kecakapan berfikir kritis yang diupayakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning dari berbagai penelitian eksperimen yang sudah dipublikasikan. Penelitian ini termasuk penelitian meta-analisis. Populasi dalam penelitian adalah jurnal pendidikan yang telah dipublikasikan secara nasional, dan tugas akhir mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar UKSW, sementara sampelnya adalah 20 jurnal pendidikan yang telah dipublikasikan secara nasional, dan 1 (satu) tugas akhir mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar UKSW yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, dan alat analisis yang digunakan adalah independent sampel t-test, dimana hipotesis diterima jika diperoleh nilai p-value ≤ nilai alpha (0,05). Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji T Independent Sample Test menunjukkan bahwa besarnya nilai p-value adalah 0,747 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas yang menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran yaitu model problem based learning dan discovery learning dinilai sama-sama memiliki efektifitas yang baik dalam meningkatkan kecakapan berfikir kritis siswa SD

Keywords


Problem Based Learning, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Aryani, Y D., dan W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Muatan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 34–40.

Dixon dan Collins dalam Karli. (2012). Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 2.

Ennis. (2011). Model Pembelajaran Jilid 2. Erlangga.

Gisnawaty, Marzuki, dan Utami, S. (2015). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–10.

Helmon. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 38–52.

Kartika. (2020). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 42–50.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, Vol 6 No 2, 74–79.

Kuswana, & S, W. (2012). Taksonomi Berfikir Kritis. Remaja Rosda Karya.

Ma’rifatul, A. (2015). Studi Tentang Implementasi Model Pembelajaran Tematik di MI Nyatnyono 02 Ungaran. WALISONGO Institutional Repository.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implemenatasi Kurikulum 2013. Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.).

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. FIP UNP.

Rohim, F., Susanto, H., dan E. (2012). Penerapan Descovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–5.

Safitri. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Gugus Teuku Umar Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW, Salatiga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatitif, dan R& D. Alfabeta.

Suryosubroto. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineke Cipta.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Septiyowati, Tego Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.