Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sukron Habibi Harahap, Zaka Hadikusuma Ramadan

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.895

Article Metrics

Abstract Views : 127 times
PDF Downloaded : 58 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi atas keprihatinan peneliti karena maraknya anak-anak yang bermain game online disekitar tempat tinggal peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 0703 Hutaraja Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data dari penelitian ini di peroleh dari wali kelas, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Dampak game online terhadap hasil belajar siswa kelas V meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada aspek kognitif game online free fire memberikan dampak yaitu kemampuan berpikir anak semakin terasah. Pada aspek afektif anak mengalami penurunan minat belajar disebabkan kecanduan game free fire. Pada aspek psikomotor berdampak kepada kesehatan fisik anak yang menurun seperti mata yang lelah dan kurang bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil temuan yang peneliti dapatkan lebih condong kepada dampak negatif, baik dari segi Psikomotorik, Afektif dan Kognitif

Keywords


Online games, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Barnett, J., & Coulson, M. (2010). Virtually Real: A Psychological Perspective on Massively Multiplayer Online Games. Review of General Psychology, 14(2), 167–179. https://doi.org/10.1037/a0019442

Fauzi, A. (2019). PENGARUH GAME ONLINE PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. ScienceEdu, II(1), 61. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11793

Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–22.

Kasenda, L. M., Sentinuwo, S., & Tulenan, V. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14808

Kusumawati, R., Aviani, Y. I., & Molina, Y. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1), 88–99. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7955

Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Na’ran, S., & Ahmad, M. R. S. (2016). Dampak Game Online Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Tana Toraja. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Rahmat, A. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di kecamatan klojen kota malang. Skripsi Psikologi, 1–133. http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf

Shelly Furqan. (2020). MODEL KOMUNIKASI MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE FREE FIRE ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas UAD IAIN Bengkulu ). 16. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4410/

Sugiono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 01(01), 28–38.

Tantoni, A., Zaen, M. T. A., & Imtihan, K. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN KECEPATAN BANDWIDTH GAME ONLINE (Free fire, Mobile Legends, Pubg mobile). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 2(2), 81. https://doi.org/10.36595/jire.v2i2.122

Utami, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 424. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7840

Winarni, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas V Mi Di Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sukron Habibi Harahap, Zaka Hadikusuma Ramadan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.