Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar

Riski Tri Widyastuti, Gamaliel Septian Airlanda

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Article Metrics

Abstract Views : 201 times
PDF Downloaded : 61 times

Abstract


Model pembelajaran yang termuat dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning , kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan/memecahkan masalah dianggap masih rendah sehingga diharapkan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan kemampuan peserta didik dalam aspek kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui serta mengkaji kembali dampak dari diberlakukannya model pembelajaran berbasis masalah (PBL) jika ditinjau dari kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah khususnya matematika. Peneliti dalam melakukan penelitiannya menggunakan metode penelitian deskriptif , yaitu menjabarkan sendiri hasil temuannya berdasarkan 20 jurnal artikel sejenis yang telah dianalisa , hasil analisa kemudian diuraikan secara mandiri oleh peneliti untuk mendapatkan kesimpulannya sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan mencari besaran pengaruh (Effect Size) untuk mengetahui dampak diberlakukannya model pembelajaran pembelajaran PBL terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Hasil menunjukkan nilai effect size 1,009 dan dapat dilihat dari tabel interpretasi Cohen’s d bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh sangat besar pada pembelajaran matematika Sekolah Dasar , dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBL) memberi dampak yang positif terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.

Keywords


problem based learning , kemampuan pemecahan masalah matematika , siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2018). Meta analisis model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar. Polygot, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Aqil, Z. (2013). Model-Model , Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Inovatif). Yrama Widya.

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan.

Ermawati, D. (2020). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Media Akademi.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Kadir. (2017). Meta-Analysis of the Effect of Learning Intervention Toward Mathematical Thinking on Research and Publication of Students Tarbiya. Journal of Education in Muslim Society.

KEMENDIKBUD. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. 2011, 1–13.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Madrasah Ibtidaiyah, 1(2):1–19.

Ngalimun. (2013). Strategi Dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Putri, U. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. https://doi.org/10.25273

Sapoetra, Bagoes Pradana, dan A. T. A. H. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4):1044–51.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Jaya.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenamedia Group.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riski Tri Widyastuti, Gamaliel Septian Airlanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.