Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Anik Handayani, Henny Dewi Koeswanti

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Article Metrics

Abstract Views : 54 times
PDF Downloaded : 21 times

Abstract


Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran yakni dengan memilih model pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran.sehingga guru dapat melatih siswa untuk mandiri dan mampu berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali efektivitas pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Peneliti menggunakan metode meta-analis. Tahap-tahap dalam penelitian meta analisis yaitu merumuskan permasalahan yang akan diteliti, menggunpulkan sumber data penelitian, menganalisis data, membuktikan kebenaran data dengan hasil analisis, dan menyimpulkan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan cara mencari artikel yang sudah terpublikasi di jurnal online sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti, melalui Google Schoolar dan Google Cendikia. Dari hasil pencarian penelitian menggunakan 17 artikel untuk selanjutnya dianalisis dengan metode meta-analisis. Hasil analisis yang diperoleh menjelaskan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai terendah 2,65%, tertinggi 19,90%, serta rata-rata peningkatan 11,28%

Keywords


Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Meta-Analisis

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Kontekstual: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Prenamedia Group.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analaisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(1).

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 41–45.

Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Metaanalysis Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(8).

Eggen, P. dan D. K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. PT Indeks.

Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.

Khamdun. (2018). Penggunaan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional. Universitas Muria Kudus.

Koeswanti, H. D. (2018). Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Satya Wacana Press.

Muhammad, F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.).

Purnamaningrum. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Perpustakaan Universitas Sebelas maret.

Subekti. (2014). Perspektif Menyiapkan Lulusan yang Adaptif untuk Mendukung Keterampilan Abad 21 dalam Perkuliahan Bioteknologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 26–29.

Suparman. & Husen. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367–372.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.

Yamin. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Referensi (GP Press Group).


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anik Handayani, Henny Dewi Koeswanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.